Selasa, 04 Desember 2018

Label:

Kota Bodie, Kota Hantu di Pegunungan Sierra Nevada

Terseram.com - Kota Bodie adalah kota hantu yang berada di Amerika Serikat, tepatnya di Pegunungan Sierra Nevada. Kota yang kini sudah ditinggalkan itu awalnya adalah sebuah kamp pertambangan emas. Kawasan pertambangan tersebut didirikan oleh W.S Bodey pada tahun 1859.

Pada suatu musim dingin, badai salju datang ke pemukiman itu. Hal itu menyebabkan Bodey hilang bersama orang terdekatnya. Menurut cerita yang beredar, seorang pelukis salah dalam mengeja Bodey. Namanya ditulis menjadi Bodie. Namun ada yang membantah bahwa itu bukanlah sebuah kesalahan. Pengejaan nama sengaja ditulis Bodie untuk memperjelas bagaimana pengucapannya.

Perkembangan Kota Bodie berjalan cukup lambat. Bahkan setelah 17 tahun pertama berjalan, hanya 20 orang saja yang menambang disana. Ketika bijih tambang akhirnya ditemukan, Bodie menjadi kamp terkenal di Wild West. Banyak orang berdatangan kesana untuk mencari peruntungan sebagai penambang.


Pada tahun 1879, populasi Bodie mencapai 10 ribu orang. Berbagai fasilitas umum pun sudah banyak dibangun, seperti kereta api, bank, surat kabar, dan lain-lain. Pernah juga ada laporan terdapat sebanyak 65 mobil sedan yang berjejer di jalan kota itu.

Setelah beberapa lama kemudian, tingkat kejahatan di Kota Bodie menjadi sangat tinggi. Perkelahian, pencurian, bahkan hingga pembunuhan pun sering terjadi. Obat-obat terlarang sudah menjadi hal yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang disana.

Pada tahun 1882, beberapa perusahaan pertambangan di Bodie mulai bangkrut. Perlahan-lahan orang mulai meninggalkan kota tersebut. Mereka beramai-ramai pindah ke Montana, Arizona dan Utah karena disana kesejahteraannya lebih baik.

Pada tahun 1910, hanya tersisa tidak sampai 1000 orang yang tinggal di kota itu. Pada tahun 1932, sebuah kebakaran besar terjadi hingga menghanguskan sekitar 90 persen bangunan di Bodie.

Hingga 1942, sebenarnya masih ada beberapa pertambangan tetap berjalan. Namun di tahun tersebut akhirnya semuanya ditutup secara paksa akibat perang.

Hingga kini, meskipun tak berpenghuni lagi, bangunan yang selamat masih berdiri di Bodie. Bangunan itu masih terlihat sama sejak ditinggalkan sekitar 50 tahun lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami | Kontak