Senin, 08 Oktober 2018

Label:

Phasmophobia, Ketakutan Berlebihan Terhadap Hantu dan Cara Mengatasinya

Terseram.com - Ketakutan terhadap hantu bagi anak-anak terkadang bisa dibilang wajar. Namun bagaimana kalau ketakutan yang berlebihan terhadap hantu justru dialami oleh orang dewasa? Bisa jadi orang tersebut mengalami phasmophobia.

Phasmophobia adalah ketakutan yang dapat menyebabkan kecemasan kronis. Ketakutan ini cukup berbahaya dan perlu dilakukan terapi untuk penanganan lebih lanjut. Hal tersebut dikarenakan fobia ini menimbulkan rasa panik yang bisa berujung kepada gangguan tidur, dan bahkan hingga gangguan mental.

Beberapa gejala yang mungkin di alami oleh penderita phasmophobia adalah mual, mulut kering, dan denyut jantung yang berdetak cepat.

Phasmophobia biasanya disebabkan oleh seseorang yang pernah mengalami kejadian gaib, misalnya berkomunikasi dengan hantu, mengunjungi tempat angker, atau bahkan beberapa kasus juga karena seringnya menonton film horor.

Untuk mengobati seorang penderita phasmophobia sebenarnya cukup sulit. Karena setiap orang biasanya memiliki rasa takut yang berbeda terhadap hantu. Selain itu kita menjadi lebih sulit membayangkan sebenarnya seperti apa hantu yang mereka takuti karena hantunya sendiri tidak terlihat bagi kita.


Salah satu cara yang biasanya dilakukan adalah dengan memahami rasa takutnya dengan mencari tahu akar rasa takutnya tersebut. Setelah itu si penderita diajak untuk merubah pemahamannya terhadap hantu itu. Pemuka agama seperti ustadz atau pendeta, juga bisa mengobati rasa takut si penderita apabila seorang penderita phasmophobia ini adalah orang yang percaya dengan agama.

Langkah selanjutnya yang biasanya dilakukan adalah dengan latihan pernapasan, menangani stres, serta menangi masalah-masalah kesehatan pasien lainnya yang terjadi akibat phasmophobia ini. Pada akhirnya orang tersebut dapat mengatasi rasa takutnya sendiri dan dapat mengendalikan dirinya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami | Kontak