Rabu, 10 Oktober 2018

Label:

Mitos Gigi Copot, Lempar ke Atas Genteng? Peri Gigi?

Terseram.com - Waktu kalian kecil sering dibilang orang tua untuk melempar gigi copot ke atas genteng bukan? Dan aja juga yang bilang kalau yang copot gigi bawah, maka lempar ke atas genteng. Sedangkan kalau yang copot gigi atas, maka dilempar ke bawah atau bahkan dikubur di dalam tanah. Selain hal tersebut, ada juga beberapa mitos lainnya tentang gigi copot.

Menurut mitos yang beredar luas di Indonesia ini, apabila gigi yang copot tidak dilempar ke atas atau tidak dilempar ke bawah, maka gigi tersebut tidak akan tumbuh lagi.

Ternyata di negara barat, ada juga mitos yang beredar terkait dengan gigi copot. Mungkin kalian pernah menonton film yang mana seorang anak kecil meletakan gigi copotnya dibawah bantal sebelum tidur. Menurut mitosnya, apabila gigi yang copot diletakkan dibawah bantal, maka peri gigi akan menukarkannya dengan uang atau pun hadiah lainnya. Ketika bangun di pagi hari, gigi yang diletakkan dibawah bantal itu akan berubah.


Amerika dan Meksiko sama-sama memiliki mitos tentang peri gigi tersebut. Namun mereka memiliki nama yang berbeda. Di Amerika peri gigi memiliki nama Tooth Fairy, sedangkan di Meksiko adalah Mouse Fairy. Hal tersebut dikarenakan peri gigi di Meksiko berwujud tikus.

Mitos yang beredar di Meksiko sebenarnya berawal dari sebuah dongeng yang berjudul La Bonne Petite Souris.

Di negara Vietnam dan Korea, ada mitos yang berbeda terkait gigi yang copot ini. Hampir mirip dengan mitos di Indonesia, yaitu melempar gigi susu bawah ke atas genteng dan mengubur gigi susu atas ke dalam tanah, namun hal tersebut sambil dilakukan dengan berteriak meminta permohonan agar gigi tersebut tumbuh lagi. Dalam mitos dipercaya apabila ritual tersebut tidak dilakukan, maka gigi tersebut bisa saja tidak tumbuh lagi.

Meskipun memang hal tersebut terasa tidak masuk akal, tapi anak-anak hingga kini masih saja melakukan hal tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami | Kontak