Sabtu, 16 Juni 2018

Label:

Mitos Capung Masuk Rumah, Pertanda Baik atau Buruk?

Terseram.com - Capung mudah ditemukan di areal persawahan. Biasanya anak-anak menangkap hewan ini untuk dijadikan mainan, ataupun diberikan makan kepada ayam. Namun ketika capung masuk ke dalam rumah, ternyata ada mitos dibalik kedatangannya. Apa mitos dibalik masuknya capung ke rumah tersebut?

Ada dua mitos yang berbeda terkait dengan masuknya capung ke dalam rumah ini, yaitu capung yang masuk pada malam hari dan capung yang masuk pada siang hari. Waktu kedatangan capung ini memiliki arti yang berbeda berdasarkan mitos yang beredar.

Mitos capung masuk rumah pada malam hari
Menurut mitos yang beredar, apabila capung masuk pada malam hari, merupakan pertanda dari kesialan yang akan menimpa anggota keluarga pada rumah yang didatangi capung tersebut.


Masyarakat Toba percaya bahwa capung yang masuk ke dalam rumah merupakan kiriman dari orang yang iri dengan tujuan yang buruk. Biasanya untuk mencelakai anggota keluarga yang berada didalam rumah tersebut. Oleh karena itu, masyarakat Toba biasanya langsung segera mematikan capung yang masuk ke dalam rumah mereka untuk menghindari kesialan yang dipercaya akan terjadi pada mereka apabila capung itu dibiarkan hidup.

Mitos capung masuk rumah pada siang hari
Apabila capung masuk pada siang hari, ternyata kedatangannya dipercaya sebagai pertanda baik. Salah satunya adalah pertanda akan datangnya musim hujan setelah musim kemarau yang berkepanjangan. Masuknya capung juga dipercaya sebagai pertanda akan datangnya keberuntung kepada anggota keluarga yang berada dirumah itu.

Menurut pandangan ahli
Menurut para ahli, tidak ada hal yang aneh akan masuknnya capung ke dalam rumah. Capung bisa berada dimana saja. Sehingga ketika capung masuk ke dalam rumah, itu hanyalah kebetulan saja.

Memang tidak ada bukti yang kuat mengenai kebenaran mitos capung ini. Namun bagi kalian yang mengetahui atau memiliki pengalaman terkait dengan kedatangan capung ke dalam rumah kalian, silahkan bagikan pengalaman kalian.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram