Minggu, 16 Oktober 2016

Label:

Mengejutkan, Ilmuwan Ini Berhasil Menciptakan Hantu

Seperti yang telah diketahui, Sains adalah ilmu yang tak percaya akan keberadaan makhluk halus atau hantu. Berbagai penelitian pun sudah dilakukan untuk membuktikan bahwa hantu hanyalah halusinasi otak manusia dan tidak nyata. Hal ini juga yang membuat para ilmuwan semakin termotivasi untuk membuktikan bahwa hantu hanyalah omong kosong belaka.


Tahun lalu, salah seorang ilmuwan bidang saraf dari Swedia mencoba untuk menciptakan hantu di sebuah laboratorium. Namun pastinya bukan hantu yang nyata, akan tetapi dia berhasil menipu otak kita untuk merasakan adanya hantu di sebuah ruangan.

Olaf Blanke selaku kepala laboratorium menggunakan sebuah robot yang dapat mengacaukan sinyal sensor di otak para relawan yang matanya sengaja ditutup dengan kain berwarna hitam. Penutupan mata itu sendiri berdasarkan kemampuan otak manusia untuk membentuk persepsi, dan hal inilah yang coba dikacaukan.

Para relawan yang matanya sudah tertutup dengan kain mereka akan menggunakan sebuah ear-plug. Setelah itu tangan mereka akan dipasangkan ke sebuah robot yang sangat canggih. Tepat di belakang relawan ada lagi sebuah robot yang bertugas untuk mereproduksi pergerakan dari robot yang lain. Robot itu juga memiliki sebuah tongkat yang berfungsi untuk menyentuh punggung relawan.


Ketika sinyal otak belum dikacaukan, otak relawan masih mampu mengenali pergerakan yang dilakukannya. Mereka baru akan merasakan adanya hantu ketika para ilmuwan mencoba untuk memberi delay sementara di otak mereka. Menurut para ilmuwan, ada beberapa relawan yang meminta untuk berhenti karena tak kuat lagi untuk merasakan kedatangan hantu yang benar-benar nyata.

Menurut Blanke, pembuatan hantu ini meniru berbagai sensasi yang dirasakan oleh para pasien gangguan mental. Sensasi demikian sebenarnya juga akan dirasakan oleh orang normal, hanya saja hal itu baru akan dialami pada kondisi tertentu saja. Kondisi ini lah yang yang membuat mereka serasa seperti diganggu oleh makhluk halus atau hantu.

Secara detail, penelitian ini membuktikan bahwa munculnya hantu bisa saja disebabkan oleh gangguan sensorimotor sederhana, dimana gejala awal positif dari schizophrenia yang bisa saja munjul dalam orang yang sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami | Kontak