Jumat, 09 September 2016

Label:

Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa, Tempat Berhantu di Lereng Merapi

Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa adalah sebuah bangunan kuno yang terletak di Kaliurang, tepat berada di objek wisata Kaliurang yang letaknya di lereng Gunung Merapi. Jika melihat bangunan ini, kesan seram pasti akan langsung muncul di benak anda. Selain berarsitektur lawas, tembok dan lantai dari rumah ini sudah terlihat sangat kusam serta tak terurus, bahkan ada beberapa bagian tembok rumah yang sudah retak. Selain itu, banyaknya pepohonan dan dedaunan kering yang berguguran seakan menambah kesan mistis dari bangunan tersebut.
Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa
Menurut Sukisman yang tak lain adalah penjaga bangunan tersebut, Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa adalah bangunan peninggalan Belanda.
“Pesanggrahan ini adalah bangunan asli peninggalan kolonial Belanda. Setelah Belanda menyerah, bangunan dan tanahnya menjadi milik kerajaan Yogyakarta. Namun sekarang sudah tak terpakai,” kata Sukisman.
Sebelumnya, Pesanggrahan Sarjanawiyata ini adalah tempat berkumpulnya para mahasiswa dari Universitas Gajah Mada. Namun selepas erupsi gunung Merapi pada tahun 1994, tempat ini sudah tak digunakan kembali karena sudah mengalami kerusakan yang cukup parah. Sampai saat ini bangunan ini pun dibiarkan terbengkalai begitu saja, sehingga menambah kesan angker bangunan tersebut.
Menurut cerita, banyak warga setempat yang sering melihat penampakan hantu noni Belanda yang berdiri di balkon lantai dua. Kabarnya, hantu tersebut adalah perwujudan dari istri pemilik rumah tersebut. Tak hanya itu, beberapa warga juga mengaku sempat mendengar suara teriakan dan tangisan dari dalam rumah tersebut. Namun cerita yang paling fenomenal dari bangunan tersebut adalah penampakan kuntilanak yang sering nangkring di atas pohon depan rumah. Saking seramnya, bangunan ini sempat menjadi lokasi syuting salah satu televisi swasta dengan praktisi spiritual, Ki Prana Lewu. Konon, tempat tersebut menjadi lokasi terseram sepanjang sejarah acara tersebut.
Susasana Bangunan pada Malam Hari
Namun baru-baru ini bangunan ini kembali banyak dikunjungi oleh masyarakat yang tertarik dengan arsitektur kunonya dan para pecinta fotografi. Kembali terkenalnya bangunan ini tak lepas dari banyaknya pemuda dan pemudi yang berfoto dengan latar belakang bangunan Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa dan menguploadnya ke berbagai media sosial seperti Instagram dan Facebook. 

2 komentar:

  1. tadi kami sempat melihat bangunan ini..trims atas postingnya

    BalasHapus
  2. tadi kami sempat melihat bangunan ini..trims atas postingnya

    BalasHapus

Tentang Kami | Kontak