Kamis, 15 September 2016

Label:

Misteri Hantu Noni Belanda di Gedung Juang

Sudah bukan rahasia umum jika Gedung Juang ’45 yang terletak di Tambun Selatan, Bekasi memiliki banyak cerita sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Namun sayang, gedung yang menyimpan banyak cerita sejarah itu kini terbengkalai dan dibiarkan tak terurus.

Ruangan di dalam gedung menjadi lembab dan banyak ditumbuhi oleh lumut dan beberapa tumbuhan lainnya. Tak heran jika Gedung Juang ’45 saat ini dihuni oleh ribuan kelelawar. Namun menurut mitos, kehadiran ribuan kelelawar di gedung tersebut tak lepas dari adanya sosok siluman kelelawar yang juga mendiami Gedung Juang ’45.

Gedung Juang Bekas
Tak hanya itu, bangunan yang sudah ada sejak zaman penjajahan kolonial Belanda ini juga dikabarkan menjadi tempat bersarangnya berbagai makhluk halus, terutama hantu noni Belanda. Kabarnya, banyak warga setempat yang sering menyaksikan penampakan hantu noni Belanda di balkon lantai dua pada saat tengah malam. Konon, hantu itu memakai baju putih khas Belanda yang sudah terlihat sangat kusam dan kotot, ia memiliki rambut ikal panjang berwarna pirang, dan mengenakan topi bundar. Kabar tersebut juga diperkuat dengan pengakuan salah seorang tukang ojek yang biasa mangkal di tempat tersebut.

“Dulu waktu tahun 2000’an dia sering menampakkan dirinya di balkon gedung. Terkadang juga menampakkan diri di dekat mobil damkar (pemadam kebakaran). Banyak juga warga yang mengaku pernah penampakan tersebut,” kata tukang ojek.

Namun ia mengatakan bahwa hantu noni Belanda saat ini sudah jarang menampakkan dirnya. Kalau pun menampakkan diri, hantu tersebut sering muncul di Jalan Diponegoro yang berada persis di depan gedung.

“Kalau sekarang sudah jarang mas. Paling yah hanya satu atau dua orang saja yang melihat, mungkin mereka lagi apes. Kalau muncul sekarang juga lebih sering di Jalan Diponegoro daripada di gedung tersebut,” lanjutnya.


Suasana Gedung Juang Saat Malam Hari
Menurut mitos, hantu noni Belanda itu berasal dari arwah anak perempuan Belanda yang meninggal dan dimakamkan di dalam gedung tersebut. Namun tak diketahui secara pasti penyebab kematian anak tersebut, namun ada juga yang menyebutkan bahwa meninggalnya gadis tersebut karena diracun.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami | Kontak