Jumat, 05 Agustus 2016

Label:

Wisma Tumapel Malang, Hotel Indah yang Kini Dianggap Angker

Sebagai salah satu kota yang sempat diduduki oleh para penjajah kolonial Belanda, kota Malang memiliki banyak bangunan berarsitektur lawas dan memiliki nilai sejarah cukup tinggi. Beberapa bangunan itu memiliki nasib yang berbeda, ada yang masih terawat dengan baik seperti Gedung Balai Kota Malang dan ada juga yang terbengkalai serta tak terurus seperti Wisma Tumapel. Wisma Tumapel sendiri terletak di Jl. Tumapel No. 7, Kauman, Klojen, Kota Malang.

Menurut catatan sejarah, Wisma Tumapel ini sudah berdiri sejak tahun 1928 dan pada saat itu bangunan ini bernama Hotel Splendit. Pada saat itu, Hotel Splendit tergolong cukup mewah karena letaknya yang berdekatan dengan Gedung Balai Kota Malang, sehingga banyak dikunjungi tamu. Tak hanya itu, bangunan yang langsung menghadap ke bantaran Sungai Brantas juga menambah keindahannya pada waktu itu.

Saat Wisma Tumapel Masih Menjadi Hotel Splendit
Pada masa penjajahan Jepang tahun 1944, hotel ini beralih fungsi menjadi kantor pemerintahan Jepang. Namun fungsi bangunan ini kembali berubah pada tahun 1954 karena digunakan sebagai kampus dan wisma dosen FKIP Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Dari sinilah cikal bakal munculnya IKIP Malang atau yang saat ini bernama Universitas Negeri Malang (UM). Karena kondisi bangunan yang kurang luas untuk dijadikan sebuah kampus, maka bangunan ini hanya difungsikan untuk wisma milik IKIP Malang.

Kondisi Wisma Tumapel Saat Dijadikan Wisma Unair
Wisma Tumapel mulai dikosongkan pada tahun 2009 karena pada saat itu pihak UM berencana untuk mengembalikan fungsi bangunan ini sebagai hotel. Sebelum dikosongkan, bangunan ini juga pernah ditempati oleh beberapa orang pekerja di kampus UM. Namun rencana untuk mengembalikan fungsi bangunan ini sebagai hotel harus sirna karena terhalang oleh peraturan perundang-undangan yang baru.


Kondisi Terkini Wisma Tumapel
Sampai sekarang Wisma Tumapel dibiarkan kosong dan tak terurus. Praktis, bangunan ini nampak terbengkalai dan mulai memunculkan berbagai spekulasi mengenai kejadian mitis di dalam bangunan. Namun cerita yang begitu terkenal mengenai bangun ini adalah keberadaan sosok penunggu setia Wisma Tumapel. Konon, sosok tersebut berwujud Noni Belanda yang sering kali menampakkan wujudnya di jendela dan lorong-lorong bangunan. Selain itu, ada juga beberapa warga yang mengaku sempat melihat sesosok tentara dengan anggota tubuh yang tak lengkap. Karena memang disekitar tempat ini dulunya terjadi pertempuran antara penjajah dan para pejuang kemerdekaan Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami | Kontak