Senin, 01 Agustus 2016

Label:

Ternyata Royal Plaza Surabaya Bekas Istana Hantu

Sebagai kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta, tak heran jika Surabaya memiliki banyak hotel dan mal-mal yang cukup megah. Dari sekian banyak hotel dan mall yang ada di Surabaya, ada salah satu mall yang dikabarkan cukup angker, yakni Royal Plaza Surabaya yang terletak di Jalan Ahmad Yani.

Mall ini dikatakan angker karena pada saat pembangunannya banyak memakan korban jiwa dari para pekerja. Selain itu, tanah tempat berdirinya Royal Plaza dulunya adalah istana hantu. Konon, pada tahun 1971 sebelum berdirinya Royal Plaza, ada sebuah  Hotel Beringin Permain yang berdiri di tanah tersebut. Namun hotel itu sudah lama tak berpenghuni dan dibiarkan terbengkalai begitu saja. Konon, Hotel Beringin Permai dulunya sering dijadikan tempat pembunuhan yang sangat keji. Selain itu, banyak tamu hotel yang meninggal secara tak wajar, entah itu jatuh dari lantai atas maupun tenggelam dikolam renang hotel. Dari sinilah cerita mistis mulai banyak terjadi ditempat tersebut.

Royal Plaza Surabaya
Sejak hotel itu dibiarkan terbengkalai, mulailah tumbuh berbagai semak belukar yang menambah kesan angker pada hotel tua tersebut. Banyaknya warga sekitar yang memanfaatkan hotel tersebut untuk melakukan aktifitas mistis mebuat Hotel Beringin Permai semakin angker.

Banyak kejadian janggal dan penampakan yang terjadi di hotel itu. Bahkan warga sekitar menyebut hotel tersebut sebagai istana hantu. Hal itu dipertegas oleh kesaksian warga sekitar yang pernah melihat penampakan disekitar area hotel pada tahun 1990’an. Menurut ceritanya, pada saat ia jalan-jalan disekitar hotel permai yang telah terbengkalai, ia melihat banyak orang baris-berbaris disekitar hotel tersebut dengan mengenakan jubah hitam. Hanya saja saat ia perhatikan terus menerus sosok berjubah tersebut terus berjalan menuju ke arah Hotel Beringin Permai yang begitu gelap dan banyak semak belukar. Tak selang beberapa lama pun semua sosok berjubah tersebut hilang ditelan kegelapan.

Ilustrasi Hotel Beringin Permai
Seiring berjalannya waktu, Hotel Beringin Permai yang telah terbengkalai puluhan tahun ini akhirnya roboh ditengah modernisasi kota Surabaya. Dimana pada saat itu PT. Pakuwon Sejati mengambil alih kepemilikan tanah dan bangunan hotel. Dalam hitungan hari bangunan hotel roboh dan rata dengan tanah. Namun setelah robohnya hotel tersebut, tanah bekas hotel dibiarkan mangkrak begitu saja. Pepohonan dan berbagai tumbuhan ilalang pun tumbuh lebat ditanah bekas hotel. Auras mistis kembali muncul ditempat tersebut. Karena tanah tersebut terlalu lama terbengkalai, banyak warga sekitar Surabaya yang kembali menjadikan tempat tersebut untuk melakukan aktifitas mistis, terutama untuk mencari benda pusaka. Karena tanah itu kabarnya menyimpan banyak penda pusaka milik makhlus halus yang mendiami Hotel Beringin Permai. Dibalik rimbunnya semak belukar, kabarnya sering muncul berbagai penampakan, salah satunya adalah genderuwo atau sesosok makhlus halus berbadan hitam dan perawakan tinggi besar menjulang.


Meskipun saat ini telah menjadi mall yang sangat ramai, akan tetapi cerita mistis mengenai tanah tersebut tak hilang ditelan waktu. Bahkan banyak warga sekitar yang sering melihat penampakan diarea Royal Plaza. Tak heran, jika sampai saat ini ada beberapa orang yang meletakkan sesaji dibeberapa sudut bangunan Royal Playa.

2 komentar:

  1. ilustrasi hotelnya jauh dari kenyataan min..

    BalasHapus
  2. oh ya min.. hotel itu belum jadi jadi gak mungkin ada tamunya min..
    Namanya Hotel Beringin tanpa ada Permainya. Tahun 74 masih taraf pembangunan lantai ke 4 kalau gak salah.

    BalasHapus

Tentang Kami | Kontak