Selasa, 23 Agustus 2016

Label:

Mitos Gending Lingsir Wengi, Lagu Pemanggil Kuntilanak

Jika anda sering menonton film horor bertemakan kuntilanak, pastinya anda sering mendengar gending jawa berjudul Lingsir Wengi yang diselipkan dalam film tersebut, atau bahkan menjadi soundtrack dari film itu sendiri. Bukannya tanpa alasan, karena memang gending Lingsir Wengi dipercaya kebanyakan masyarakat mampu memanggil hantu kuntilanak, terutama jika dinyanyikan di tempat yang angker pada waktu sore menjelang malam hari.

Gambar Ilustrasi Kuntilanak
Sebenarnya, Lingsir Wengi adalah gending yang sengaja diciptakan oleh Sunan Kalijaga atau yang bernama asli Raden Said, salah satu naggota dari Wali Songo. Sunan Kalijaga menciptakan lagu tersebut sebagai lagu penolak bala dalam mencegah berbagai gangguan yang ditimbulkan oleh makhluk gaib pada saat malam hari. Lagu yang berirama santai ini secara tersirat juga merupakan sebuah doa kepada sang pencipta agar diberi keselamatan dari berbagai bentuk musibah dan penyakit. Konon, Sunan Kalijaga sering menyanyikan gending tersebut setelah selesai menunaikan sholat sunnah Tahajjud. Para pengikut Sunan Kalijaga akhirnya secara turun-temurun mempopulerkan gending Lingsir Wengi.

Seiring berjalannya waktu, gending ciptakan Kanjeng Sunan Kalijaga tersebut kemudian digunakan oleh ibu-ibu Jawa sebagai lagu pengantar tidur untuk anak-anaknya yang masih belum terlelap meskipun telah larut malam. Selain liriknya yang mengandung doa, tempo dan ritme gending Lingsir Wengi yang santai serta mendayu-dayu terbukti ampuh untuk memancing rasa kantuk bagi mereka yang mendengarkannya, terutama bagi anak-anak.

Lirik Gending Lingsir Wengi
Namun saat ini gending Lingsir Wengi justru sering dijadikan soundtrack film horor terutama yang bertemakan kuntilanak. Pasalnya, saat ini banyak orang yang menganggap jika gending tersebut sebagai lagu pengundang kuntilanak. Banyak yang memercayai jika gending tersebut dinyanyikan pada malam hari mampu mengundang kuntilanak yang nantinya akan mengganggu mereka. Tentunya kepercayaan ini salah besar jika ditelisik dari asal-usul penciptaan gending Lingsir Wengi oleh Kanjeng Sunan Kalijaga.

Di masyarakat Jawa, gending Lingsir Wengi sama sekali tak dianggap ada kaitannya dengan hantu kuntilanak. Karena lirik dari lagunya sendiri tak ada unsur-unsur pengundangan seperti halnya lagu Jailangkung. Selain itu, sampai sejauh ini juga belum terbukti bahwa gending Lingsir Wengi mampu mendatangkan kuntilanak yang akan mengganggu seseorang yang menyanyikannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami | Kontak