Minggu, 07 Agustus 2016

Label:

Kisah Mistis Dibalik Indahnya Pantai Jembatan Panjang, Malang


Malang, kota yang terletak di Jawa Timur ini seakan menyimpan berjuta-juta keindahan alam yang sangat luar biasa. Selain terkenal dengan area pegunungannya, Malang juga terkenal memiliki banyak pantai yang begitu indah dan menawan, salah satunya adalah pantai Jembatan Panjang.

Pantai Jembatan Panjang terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Malang. Pantai yang satu ini letaknya bersebelahan dengan pantai Balai Kambang yang tak kalah indahnya. Pantai Jembatan Panjang memiliki hamparan pasir putih yang diselingi dengan pecahan kerang dan terumbu karang. Reruntuhan jembatan yang ada di pantai ini seakan menjadi daya tarik sendiri karena tak bisa ditemui di pantai yang lainnya.

Pantai Jembatan Panjang
Reruntuhan jembatan tersebut juga kerap dijadikan sebagai tempat foto prawedding karena memiliki landscape yang begitu indah. Terlebih pepohonan yang rimbun dan pulau-pulau yang menjorok disekitar pantai seakan menambah keindahan pemandangan di sekitar pantai Jembatan Panjang

Menurut mitos masyarakat setempat, konon jembatan yang ada di pantai ini sudah lama dibangun oleh pemerintah Kabupaten Malang. Namun tak selang beberapa lama kemudian jembatan tersebut runtuh tanpa diketahui dengan pasti apa penyebabnya. Jembatan tersebut juga telah mengalami perbaikan berkali-kali, namun tak pernah berhasil hingga dibiarkan runtuh begitu saja sampai saat ini.

Reruntuhan Jembatan
Masyarakat sekitar menyebutkan bahwa pembangunan jembatan yang menghubungkan Pantai Jembatan Panjang dengan pulau kecil tersebut tak disetujui oleh makhluk halus penunggu pulau. Mitos lain menyebutkan bahwa pulau tersebut menjadi tempat pertapaan orang sakti selama berpuluh-puluh tahun. Jika dia belum menyelesaikan pertapaannya, maka perbaikan jembatan akan sia-sia meskipun telah dilakukan berulang kali.

Selain itu, pantai Jembatan Panjang juga masih menyimpan kisah mistis lainnya. Karena diarea tersebut juga terdapat tujuh buah sumur atau yang disebut 'Sumur Pitu' oleh warga sekitar dan letaknya berada tepat didalam hutan sekitar pantai. Konon, ketujuh sumur tersebut adalah sumur peninggalan kerajaan Majapahit yang sangat disakralkan. Masyaraklat sekitar juga mempercayai jika masing-masing sumur tersebut dijaga oleh makhluk halus bertubuh tinggi besar.

Pintu Masuk Menuju Sumur Pitu
Oleh sebab itu, setiap pengunjung pantai Jembatan Panjang diharapkan agar menjaga sikap dan sopan santun. Meskipun demikian, pantai Jembatan Panjang menjadi destinasi wisata yang wajib anda kunjungi karena memiliki keindahan alam yang luar biasa.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram