Rabu, 10 Agustus 2016

Label:

Hantu Cepet Itu Alien?

Tahukah kamu tentang Hantu Cepet? Bacanya cEpEt... huruf E-nya besar.... E bukan e.... Bagi yang tinggal di Pulau Jawa pasti pernah mendengar nama hantu ini. Karena memang sangat populer. Tapi kepopulerannya mulai lenyap sejak banyak muncul film horor di Indonesia, di mana hantu yang populer berubah menjadi Jelangkung, Kuntilanak, Wewe Gombel, Genderuwo, Nenek Gayung, Kakek Cangkul, Suster Ngesot.



Tahukah kamu bahwa di masa lalu, cerita hantu itu disajikan dari mulut ke mulut? Cerita hantu adalah tradisi lisan mendongeng yang kadang sarat akan unsur edukatif. Misalnya hantu cepet ini, adalah tradisi lisan horor yang disampaikan oleh orang tua kepada anak-anaknya. Untuk mengajarkan bahwa jika malam sudah hampir tiba, atau waktu sandekala, maka anak-anak harus masuk ke dalam rumah.

Jika anak hanya disuruh demikian, "masuk rumah, nak!" Tentu saja kurang mempan. Namanya juga anak-anak. Makanya dibuatlah cerita hantu cepet. Maka para orang tua mulai bersandiwara:

"Cepat masuk rumah, nak! Nanti diculik cepet loh..." Kata Ibu kepada anaknya.
"Cepet itu apa bu?" Anak bertanya penasaran.
"Hantu... Udah ayo makannya cepat masuk. Nanti hilang loh diculik Cepet...!" Ujar Ibu lagi.

Begitulah kiranya kisah Cepet mulai menggerayangi, menakut-nakuti anak-anak. Walaupun sebenarnya cerita hantu Cepet patut untuk diteliti kebenarannya. Masalahnya hingga detik ini belum ada yang bisa menggambarkan bagaimana wujud hantu Cepet. Lain dengan hantu yang lain, semua sudah bisa menggambarkan dan sudah paten wujudnya.

Kalau hantu Cepet memang tidak jelas, soalnya aksinya menculik itu tidak kelihatan. Tiba-tiba saja sering ada kejadian orang hilang. Beberapa lama kemudian orang itu muncul lagi, di tempat-tempat tak terduga, seperti di atas pohon, di atap sebuah bis, atau di lahan pertanian.

Tapi beberapa orang sudah membuat gambaran tentang wujud hantu cepet, katanya seperti Alien Reptilian. Ternyata seram banget. Begini ciri-ciri hantu Cepet:
  1. Wujudnya seperti binatang
  2. Warna kulitnya coklat kehijauan
  3. Tidak memakai baju
  4. Tampak seperti alien dari jenis Reptil.
  5. Tidak terlalu tinggi dan agak bungkuk
  6. Suka muncul saat sandekala, yaitu: saat senja datang.
  7. Gemar menculik anak yang nakal
  8. Seringpula menculik orang dewasa yang jahat
  9. Orang yang diculik akan hilang dan tidak ketemu selama berhari-hari
  10. Sekalinya ketemu, akan ditemukan di tempat yang tidak wajar
  11. Orang yang kembali dari penculikan Cepet diyakini akan mengalami gangguan mental
Begitulah beberapa ciri-ciri hantu Cepet. Sungguh seram, kan? Dan mirip sekali dengan Alien. Entah benar tidaknya keberadaan hantu ini. Sebaiknya lindungilah diri anda dan anak-anak anda. Jangan keliaran saat sandekala datang. Atau anda akan hilang diculik Cepet.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami | Kontak