Kamis, 21 Juli 2016

Label:

Misteri Kota Gaib Saranjana di Kalimantan Selatan

Selain memiliki hutan hujan tropis yang sangat luas, Pulau Kalimantan ternyata juga banyak menyimpan cerita mistis. Salah satu cerita mistis yang sangat terkenal dan belum terpecahkan sampai saat ini adalah mengenai kota gaib Saranjana yang terletak di propinsi Kalimantan Selatan. Kisah mengenai kota yang satu ini bisa dibilang menjadi kisah urban legend yang sangat populer, terutama bagi masyrakat Pulau Borneo.

Sekilas, kota Saranjana adalah pulau kecil yang sangat cantik, bahkan bisa menjadi destinasi wisata karena keberadaan pantainya yang begitu indah. Namun bagi masyarakat Kota Baru, Kalimantan Selatan, pulau tempat berdirinya kota Saranjana itu dipercaya sebagai pulau yang sangat angker dan misterius. Konon, pulau itu hanya dihuni oleh para bangsa jin muslim dan tak ada satupun manusia yang tinggal dipulau tersebut.

Seakan menambah kesan misterius dan mistis, masyarakat sekitar juga tak ada yang mau membeberkan secara detail mengenai asal usul kota Saranjana. Masyarakat Kota Baru hanya mengungkapkan bahwa Kota Saranjana memang ada, dan hanya orang terpilihlah yang mampu melihat keberadaan kota gaib tersebut. Menurut salah satu pengakuan seorang wisatawan, ia sempat melihat aktivitas yang cukup ramai dipulau tersebut, lengkap dengan keberadaan gedung-gedung tinggi nan indah. Namun saat ia mulai mendekat, semua pandangan tersebut mulai hilang secara perlahan dan hanya ada pantai serta bukit yang tidak terlalu tinggi yang berada di pulau tersebut. Pulai ini semakin mistis setelah pulai ini tak tertera pada peta Indonesia.

Ada banyak cerita mistis yang menyelimuti Kota Saranjana, salah satu yang terkenal adalah keberadaan pembeli gaib. Konon pada tahun 80’an ada warga dari Kota Saranjana yang memesan alat berat dari Jakarta, ia pun langsung melunasi pembelian alat berat tersebut. Namun saat perusahaan itu mengantarkan alat berat ke Kota Saranjana, tak ada satu pun orang yang berada di tempat itu. Pemerintah Kota Baru pun dibuat pusing karena dari kalangan pemerintah ataupun pengusaha sekitar Kota Baru mengaku tak ada yang pernah memesan alat berat tersebut.


Percaya atau tidak percaya, warga sekitar Kota Baru memang meyakini jika pulau tersebut dihuni oleh bangsa jin. Sebagian warga juga ada yang meyakini jika Kota Saranjana ditinggali oleh manusia, hanya saja ia tak pernah menampakkan wujudnya atau yang lebih dikenal dengan istilah Halimun.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami | Kontak