Rabu, 09 Desember 2015

Label:

Mitos Ibu Hamil Harus Bawa Gunting, Peniti, Pisau

Mitos tentang ibu hamil yang harus membawa gunting, peniti, atau pisau memang berasal dari Indonesia, tepatnya dari pulau Jawa. Konon dengan membawa benda tajam saat hamil, hal tersebut akan membuat ibu hamil terhindar dari gangguan hantu, seperti kuntilanak. Namun apakah memang benar hantu takut dengan gunting ataupun peniti?

Biasanya orang tua dulu sering menyarankan ibu hamil agar selalu membawa gunting kecil atau peniti, bahkan hingga pisau kecil yang disimpan dalam pakaian agar bayi dalam perut ibu hamil tersebut terhindar dari bahaya. Katanya sih agar bayi tidak diculik oleh kuntilanak.

Namun ternyata hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Justru dengan membawa benda-benda tajam tersebut akan menyebabkan sang ibu memiliki resiko bahaya seperti tertusuk olehnya. Secara logika pun sepertinya tidak masuk akal apabila makhluk halus takut dengan benda tajam seperti gunting, peniti, ataupun pisau kecil.


Tapi memang menurut kepercayaan orang tua jaman dahulu yang menyebar secara turun temurun, perempuan yang memiliki aroma harum sangat disukai oleh makhluk halus. Dan disinilah peran gunting dan peniti ini digunakan untuk menangkal gangguan hantu pada sang ibu hamil.

Jika ingin mengikuti tradisi orang tua jaman dahulu untuk menjaga kehamilan, pastikan memilih tradisi yang tidak membahayakan dan cenderung merugikan baik bagi sang ibu maupun janin.

1 komentar:

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram