Jumat, 13 November 2015

Label:

Foto UFO di Tol Padalarang Dari Path Hoax

Baru-baru ini dunia maya dihebohkan dengan foto penampakan UFO di jalan Tol macet yang bermula dari Path. Entah benar-benar tidak tahu atau pura-pura tidak tahu, penyebar informasi dari Path ke akun Facebooknya yang bernama Camel Lia seperti percaya bahwa foto UFO di Tol Padalarang tersebut bukan editan alias nyata, beneran, fakta, tidak palsu atau apalah itu kata Camel Lia bersama temannya.

Padahal sebenarnya foto UFO dari Path tersebut sudah jelas-jelas hanyalah editan saja. Informasi hoax ini entah mengapa begitu cepat menyebar. Banyak yang mengambil mentah-mentah informasi menyesatkan yang disebarkan oleh orang tak bertanggung jawab ini.

Seperti yang ditulis dalam caption yang dibuat oleh Camel Lia:

"Ada yang aneh ga di foto ini.. kecelakaan di tol padalarang km 111 dari arah jakarta dari bandung mau ke jakarta sore ini jam 3.39.. kecelakan 1 truk, 1 kontener dan 1 bus prima jasa.. info dari temen terdekat.. tanpa editan atau tanpa rekayasa."


Berikut link facebook foto UFO di Tol Hoax tersebut:
Foto UFO di Tol Padalarang [Facebook]

Foto diatas adalah foto UFO di Jalan Tol Padalarang dari Path yang dipercaya oleh Camel Lia tanpa editan atau tanpa rekayasa. Dalam foto tersebut terlihat ada penampakan UFO ditengah kemacetan pada jalan Tol. Ada yang bilang alien di UFO tersebut menyebabkan kemacetan di jalan tol, ah entahlah.

Padahal jika dilihat sekilas saja sudah jelas-jelas itu hanyalah foto hasil editan dengan menggunakan aplikasi Camera 360.

Coba perhatikan foto UFO hasil editan Camera 360 berikut:


Dan ini foto UFO editan lain dengan menggunakan Camera 360 juga:
Berikut contoh efek dari Camera 360 :


Bagaimana? Sama persis bukan dengan foto yang disebarkan oleh Camel Lia bersama temannya?

Padahal sudah jelas-jelas editan, entah mengapa temannya berani-beraninya bersumpah bahwa foto UFO di Jalan Tol tersebut bukan rekayasa. Dan lebih anehnya kenapa orang-orang dengan mudahnya menyebarkan informasi Hoax tanpa pikir panjang lagi. 

"tentang gambar yang gue share dari temen terdekat.. boleh di percaya boleh tidak tergantung orangnya.. yg jelas temen BERSUMPAH ga ada maksud buat ngarang, ngedit atau bikin sesuatu yang menghebohkan.. memang UFO ada, dan hanya orang yang bisa melihat dengan kemampuan orang masing-masing.. begitu juga kamera hp atau lainnya yang bisa menangkap jelas tentang UFO itu sendiri berbeda dengan kamera hp yang lainnya.." tulis Camel Lia.

Jadilah pengguna internet dan sosial media yang dewasa. Selidiki dulu informasi yang menyebar luas. Jangan terlalu mudah menyebarkan berita hoax atau palsu karena selain menyesatkan orang, tentu saja kamu akan menanggung dosanya bukan?

1 komentar:

  1. Kalau dalam format mode VIDEO misalnya , apakah juga ada yang bisa diedit atau diragukan kebenarannya ? Bagaimana caranya kita tau agar gambar atau video itu benar2 kejadian nyata atau hasil editan profesional ? Belajar dimana tuh investigasinya ?? Salam

    BalasHapus

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram