Jumat, 23 Oktober 2015

Label:

Voodoo Dapat Menciptakan Zoombie

Aliran Voodoo merupakan suatu kepercayaan yang berasal dari gabungan kepercayaan " Yoruba" Afrika dengan agama katolik. Ajaran ini berkembang di kepulauan Haiti. Pada awalnya kepercayaan Voodoo masuk dengan dibawanya budak-budak berkulit hitam dari Afrika Barat ke Kepulauan Haiti oleh Inggris.

Setelah sekian lama budak-budak berkulit hitam ini menetap  di Haiti, mereka secara perlahan mulai menggabungkan kepercayaan mereka (Yoruba) dengan ajaran Katolik yang dianut oleh tuan-tuannya bangsa Inggris.

Penggabunga kedua aliran tersebut yang melahirkan kepercayaan baru bernama Voodoo. Voodo hampir sama dengan ilmu santet jika di Indonesia.


Biasanya kalau kita menyebut kata Voodoo, maka yang terlintas di fikiran kita adalah seseorang memegang sebuah boneka dan sebatang paku panjang untuk "men-santet' orang lain.

Menurut ajaran Voodoo, dukun atau pendeta voodoo yang disebut Bokor dapat menghidupkan orang yang telah mati. Ketika hidup kembali, orang tersebut menjadi Zombie yang tidak memiliki kemauan sendiri, sehingga selalu berada di bawah kendali sang majikan.

'Zombie' juga sebenarnya merupakan nama untuk dewa ular Voodoo yang bernama damballah Wedo asal Nigeria-Kongo yang dekat dengan kata nzambi yang dalam bahasa kongo berarti " Dewa".

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami | Kontak