Sabtu, 24 Oktober 2015

Label:

TPU Jeruk Purut, Makam Tua yang Angker

TPU Jeruk Purut termasuk salah satu makam tua dan sudah ada sejak zaman Belanda. Dulunya TPU ini adalah hutan dan perkebunan. Konon TPU ini terkenal berhantu dan angker dengan penampakan sosok orang Belanda yang berwujud Hantu Pastur.

Hantu menyeramkan itu menampakkan dirinya dengan berlajan pelan disepanjang jalan di kuburan itu sambil membawa kepalanya sendiri yang sudah terpenggal dengan menggunakan satu tangan. Sedangkan tangan satunya memegang sebuah lentera minyak. Kadang penampakannya juga sering ditemani oleh seekor anjing berwarna hitam.

Pernah dikisahkan seorang pemuda sedang dalam perjalanan pulang dengan mobilnya melewati kawasan yang dulunya masih sepi dan gelap ini saat malam menjelang subuh.

Dari kejauhan dia melihat ada sosok berdiri ditengah jalan dengan lampu yang redup, remang-remang. Sang pemuda pun memperlambat mobilnya, namun anehnya mesin mobilnya tiba-tiba mati setelah hanya beberapa meter dari sosok itu. Lalu tiba-tiba seekor anjing menyebrang tepat didepan mobilnya dengan cara melayang diatas jalan.


Masih dalam kondisi kebingungan, sang pemuda kembali melihat orang yang sedang membawa lampu minyak, tanpa kepala dan justru hantu itu sedang memegang kepalanya sendiri dengan cara menjambak rambut kepala tersebut. Melihat hal menyeramkan tersebut, sang pemuda pun pingsan.

Dari legenda ini diceritakan bahwa sang Pastur tersebut meninggal dibunuh dengan cara dipenggal pada zaman penjajahan Belanda.

Pada saat ini, kawasan tersebut sudah ramai oleh perumahan, kantor dan apartemen, jalanannya pun telah lebar dan terang benderang dimalam hari, maka legenda ini pun berangsur menghilang.

Tempat tersebut kini sudah dibuat portal di pintu masuk areal pemakaman untuk menghindari kelompok orang yang penasaran dengan horornya legenda ini.

Akhirnya kisah misteri di kawasan Jakarta Selatan ini dibuat ke dalam sebuah film dengan judul Hantu Jeruk Purut.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami | Kontak