Senin, 26 Oktober 2015

Label:

Cerita Hantu di Kandang Menjangan / Panggung Krapyak

Panggung Krapyak, atau yang juga disebut dengan Kandang Menjangan, merupakan bangunan kuno yang memiliki nuansa mistis. Lokasi Panggung Kapyak ini terletak di sebelah selatan Plengkung Gading. Umur bangunan ini sekitar 250 tahun, dan dulunya lahan disana merupakan kawasan hutan.

Hutan Krapyak merupakan tempat kesukaan keluarga kerajaan untuk berburu. Pada tahun 1613, seorang kerabat keraton meninggal karena diseruduk oleh kijang. Setelah kejadian itu, dibangunlah sebuah benteng untuk mengenang orang tersebut. Selain itu sebenarnya bangunan ini juga digunakan untuk berlindung dari hewan liar.

Secara geografis, Panggung Krapyak terletak searah garis lurus dengan Pantai Selatan, Keraton, Tugu Jogja, dan Gunung Merapi.

Tempat ini juga pernah direnovasi satu kali dengan penambahan jeruji besi dan pagar pintu. Bukannya memperindah, renovasi tersebut justru membuat kandang menjangan semakin terkesan horor karena menjadi gelap dan tertutup.


Sebenarnya bangunan ini bukan tempat yang dapat secara bebas dimasuki orang orang. Masyarakat yang ingin masuk harus memanggil juru kunci lebih dulu.

Menurut urban legend yang beredar, pernah suatu ketika ada mahasiswa Jogja yang berkendara pada malam hari dan melewati kandang menjangan. Lampu motornya tidak sengaja menyorot ke celah-celah pintu dan jendela Panggung Krapyak. Ternyata ada seorang wanita berbaju putih serta berambut panjang sedang tergantung dengan posisi terbalik di dalam kandang menjangan.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami | Kontak