Minggu, 18 Januari 2015

Label:

Behemoth, Makhluk Mitologi Raksasa yang Nyata?

Terseram.com - Behemoth (dibaca : bɨhiməθ ), adalah sebuah makhluk dalam alkitab yang tepatnya disebutkan dalam Kitab Ayub, 40:15-24. Kata Behemoth kemungkinan besar merupakan bentuk jamak בהמה (bəhēmāh), yang memiliki arti binatang atau hewan besar.

Behemoth jika dilihat dari bahasa lain memiliki pengucapan sebagai berikut : Ibrani בהמות, behemot; bahīmūth بهيموث arab, atau بهموت Bahamut.

Behemoth bisa juga diisaratkan sebagai pulau terbesar dan hewan yang paling kuat yang pernah ada. Nama ini juga mungkin digunakan untuk sesuatu yang sangat besar atau entitas kuat.


Karakteristik

Teks dari kitab Ayub 40 (Judaica Press Alkitab) adalah sebagai berikut:

  • 15 Lihatlah sekarang behemoth bahwa saya telah membuat dengan Anda; ia makan rumput seperti sapi.
  • 16 Lihatlah sekarang kekuatannya adalah di pinggangnya dan kuasa-Nya di pusar dari perutnya.
  • Ekornya 17 mengeras seperti cedar; pada otot tendon-nya adalah merajut bersama.
  • 18 Anggota tubuhnya yang kuat seperti tembaga, tulang-tulangnya sebagai beban besi.
  • 19-Nya adalah yang pertama dari jalan Allah; [hanya] his Maker dapat menarik pedang-Nya [terhadapnya].
  • 20 Sebab pegunungan makanan beruang untuk dia, dan segala binatang di lapangan bermain di sana.
  • 21 Apakah dia berbohong di bawah bayang-bayang, di sampul alang-alang dan rawa-rawa?
  • 22 Apakah bayang-bayang menutupi dirinya sebagai bayangan? Lakukan willow dari sungai mengelilinginya?
  • 23 Lihatlah, ia plunders sungai, dan [ia] tidak mengeras, ia percaya bahwa ia akan menarik Yordan ke dalam mulutnya.
  • 24 Dengan mata-Nya Dia akan mengambil-Nya; dengan jerat Dia akan menusuk lubang hidungnya.


Bagian ini menjelaskan Behemoth dengan cara ini: itu diciptakan bersama dengan manusia (40:15 a), itu adalah herbivora (40:15 b), ia memiliki otot dan tulang kuat, dan tinggal di rawa-rawa (40:21).

Dalam kepercayaan Yahudi, Behemoth adalah primal rakasa tak tertundukkan tanah, sebagai Leviathan adalah rakasa primal dari air laut dan Ziz rakasa purba langit. Ada sebuah legenda bahwa Leviathan dan Behemoth wajib menyelenggarakan pertempuran di akhir dunia. Kedua akhirnya akan membunuh satu sama lain, dan orang-orang yang selamat akan berpesta daging mereka. Menurut tradisi perekaman midrash, tidak mungkin bagi siapa pun untuk membunuh raksasa kecuali bagi orang yang menciptakannya, dalam hal ini Allah bangsa Ibrani. Sebuah haggadic tradisi Yahudi kemudian lebih jauh lagi menyatakan bahwa pada perjamuan di akhir dunia, para raksasa akan disajikan bersama dengan Leviathan dan Ziz.

Behemoth juga muncul dalam Apokriptik Kitab Henokh, memberikan deskripsi berikut asal-usul rakasa ini ada disebutkan sebagai laki-laki, sebagai lawan dari perempuan Leviathan:

“Dan hari itu akan dua monster berpisah, satu rakasa, seorang perempuan bernama Leviathan dalam rangka untuk tinggal di jurang laut di atas air mancur, dan (yang lain), seorang laki-laki bernama Behemoth, yang memegang dadanya dalam sebuah terlihat gurun yang namanya Dundayin, sebelah timur taman Eden. ” – 1 Henokh 60:7-8

Ada Yahudi yang lain himne dibacakan pada festival Shavuot (merayakan pemberian Taurat), yang dikenal sebagai Akdamut, di mana dikatakan: “… The olahraga dengan Leviathan dan lembu (Behemoth) … Ketika mereka akan berpaut dengan satu sama lain dan terlibat dalam pertempuran, dengan tanduknya yang Behemoth akan kental dengan kekuatan, ikan [Leviathan] akan melompat untuk menemuinya dengan sirip, dengan kekuasaan. Pencipta mereka akan mendekati mereka dengan pedang besar [dan membunuh mereka berdua] . Dengan demikian, “dari kulit indah Leviathan, Allah akan membangun kanopi untuk melindungi orang-orang benar, yang akan memakan daging dari Behemoth [lembu] dan Leviathan tengah sukacita dan kegembiraan, pada perjamuan besar yang akan diberikan bagi mereka . Beberapa komentator mengatakan rabinis account ini adalah alegoris (Artscroll siddur, hal 719), atau simbolis dari akhir konflik.

Arti Leviathan, Behemoth dan Ziz

Banyak telah ditafsirkan Behemoth sebagai hewan mitos. Namun, beberapa telah berusaha untuk mengidentifikasi binatang itu dengan nyata. Dalam kitab Ayub, baik Behemoth dan Leviathan terdaftar bersama sejumlah binatang biasa, seperti kambing, elang, dan rajawali, sehingga banyak sarjana Kristen untuk menduga bahwa Behemoth dan Leviathan mungkin juga makhluk-makhluk duniawi.

Behemoth seperti digambarkan dalam Dictionnaire Infernal.

Disarankan binatang termasuk kerbau, badak, buaya, dan gajah, tapi saran yang paling umum adalah kuda nil. Beberapa pembaca juga mengidentifikasi kuda nil di Yesaya bahamot negeb atau “binatang di selatan” (30:6).

Lain tidak setuju dengan identifikasi ini, menunjuk fakta bahwa ekor binatang “bergerak seperti cedar” (40:17), deskripsi yang tidak mungkin untuk binatang ini. Sarjana mempertahankan identifikasi dengan gajah mengatakan bahwa “ekor” bisa menggambarkan belalai gajah.Selain itu, beberapa menyarankan bahwa “ekor” adalah eufemisme untuk alat kelamin laki-laki. Dukungan untuk ini didasarkan pada arti lain dari kata Ibrani “bergerak” yang berarti “memperpanjang” dan pada bagian kedua ayat 17 yang menggambarkan otot di sekitar “batu” (Vulgata menggunakan kata “testiculorum”).

Young Earth Creationist

Beberapa Young Earth Kreasionis mengusulkan agar Behemoth adalah dinosaurus. Sauropoda semacam ini biasanya diajukan karena memiliki ekor sauropoda besar “seperti cedar”. Penganut dari sudut pandang sauropoda-raksasa berpendapat bahwa deskripsi lebih lanjut diberikan dalam Ayub (yaitu, kekuatan tulang setara perunggu dan besi; penggunaan jamak Ibrani untuk menggambarkan sebuah spesimen tunggal), bersama dengan atributif “kepala jalan Allah,” dan deskripsi “seperti cedar” (זְנָבוֹ כְמוֹ – אָרֶז (z’navo kamo Arez)) untuk menggambarkan ekor itu sendiri menunjukkan adanya proporsi hewan besar; maka sebuah sauropoda atau setara. Namun beberapa berpendapat bahwa referensi ke sebuah cedar-seperti merujuk ke bulu ekor yang menyerupai cedar’s jarum-seperti dedaunan yang ada pada ekor gajah dan kuda nil.

Para kritikus berpendapat bahwa menurut catatan fosil, dan sendok atau pensil berbentuk gigi dari sauropoda sendiri, sauropoda itu pohon-browser yang hidup 225 juta tahun yang lalu, dan pergi punah sekitar 65 juta tahun yang lalu. Lebih jauh lagi, mereka menyebutkan bahwa tanggal fosil rumput awal hingga akhir Cretaceous, pada saat itu sauropoda sudah menurun; karena itu, para kritikus bersikeras bahwa sauropoda akan pra-tanggal penampilan dan bangkit dari kedua orang dan rumput.

Kritik juga mencatat bahwa, menurut teks Bibel, yang Behemoth dikatakan makan rumput dengan cara seperti sapi, yang berarti itu akan mengunyah kunyahan; syarat perilaku tersebut adalah gigi molar kepemilikan, atribut sauropoda kekurangan. Sendok atau pensil berbentuk gigi sauropoda memungkinkan mereka untuk menarik vegetasi ke dalam mulut mereka, kemudian ditelan. Mungkin juga dicatat bahwa kuda nil tidak mengunyah kunyahan karena tidak artiodactyl ruminansia. Para kritikus juga berpendapat bahwa gambaran tentang makhluk yang memiliki pusar (Ayub 40:16) dalam King James Version juga bertentangan dengan sauropoda hipotesis, karena sauropoda itu yg menelur.

Sebagai tanggapan atas keberatan tersebut, kreasionis berpendapat bahwa istilah Ibrani yang digunakan dalam kitab Ayub untuk sapi (baqar) dapat menunjukkan setiap klasifikasi (mungkin jinak) menggiring hewan-hewan yang umum pada saat menulis. Menurut Strong, kata Ibrani ׁשר (Shor) berarti bengkok string, khusus tali pusat. Shor juga memiliki arti figuratif sebagai pusat kekuatan. Terjemahan yang lebih baru seperti New American Standard Alkitab menyatakan “Lihatlah sekarang, kekuatannya di pinggangnya dan kekuasaan dalam otot-otot perut” (Ayub 40:16).

Budaya lain

Raksasa bahasa Ibrani kadang-kadang disamakan dengan Hadhayosh Persia, sebagai Leviathan adalah dengan Kar dan Ziz dengan Simurgh. Raksasa bahasa Arab dikenal dengan nama Bahamut, ikan besar yang mendukung bumi. Bahamut kadang-kadang digambarkan memiliki kepala menyerupai kuda nil atau gajah. Dalam bahasa Rusia dan Ukraina, behemoth (бегемот) berarti kuda nil.

Referensi Sastra

Filsuf klasik Thomas Hobbes bernama Long DPR sebagai Behemoth dalam bukunya Behemoth: sejarah penyebab perang saudara di Inggris, dan nasihat dan artifices dengan mana mereka dibawa dari tahun 1640 ke tahun 1660. It menyertai bukunya teori politik yang menarik pada pelajaran dari perang sipil, yang agak lebih terkenal Leviathan. Juga merupakan nama seorang tokoh dalam novel Mikhail Bulgakov, The Master dan Margarita.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami | Kontak