Sabtu, 16 September 2017

Label:

40 Hantu Terseram Asal Indonesia

Terseram.com - Indonesia tidak hanya kaya akan budayanya saja. Namun ternyata Indonesia juga kaya sekali akan ragam jenis hantunya. Berikut daftar 40 hantu terseram yang asal Indonesia.

1. Hantu Pirau - Jambi
Hantu ini memiliki tubuh yang sangat tinggi. Hantu Pirau dikenal suka mengganggu anak-anak.

2. Palasik - Minangkabau
Hantu ini berwujud kepala dan badan yang terlepas. Hantu ini suka melayang-layang dan mencari mangsa ibu hamil.


3. Si Manis Jembatan Ancol - Jakarta
Penampakan hantu wanita ini menggunakan pakaian khas Betawi [berpayung]. Biasanya sering terlihat di jembatan Ancol.


4. Jin Tomang - Nusantara
Jin ini memiliki penampakan bertelanjang dada, perut yang buncit, dan berkepala botak.


5. Uhang Pandak - Kerinci
Makhluk ini bertubuh kerdil yang dipercaya sebagai penghuni gunung Kerinci.


6. Hantu Casablanca - Jakarta
Hantu ini adalah hantu wanita berpakaian putih dan berambut panjang. Namun ada juga yang mengaku melihatnya menggunakan pakaian merah. Penampakannya biasa terlihat di Terowongan Casablanca. Menurut cerita yang beredar, agar tidak diganggu, ketika melewati terowongan ini kita harus membunyikan klakson sebanyak 3 kali.


7. Hantu Jeruk Purut - Jakarta
Hantu ini adalah hantu pendeta tanpa kepala. Penampakannya sering terlihat di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Jakarta Pusat.


8. Jerangkong - Jawa
Hantu yang berwujud tulang belulang manusia.


9. Jurig Jarian - Jawa
Tidak banyak yang tahu pasti bagaimana wujud dari Jurig Jarian. Namun hantu ini dipercaya tinggal di tempat sampah.

10. Akar Mimang - Jawa
Hantu ini juga tidak ada yang tahu bagaimana wujudnya, hantu ini yang suka menyebabkan orang berputar-putar di hutan.

11. Banyu - Samarinda
Terkenal sebagai hantu sungai yang wujudnya bisa menjadi apa saja. Hantu ini suka mengganggu orang yang mandi di sungai.


12. Hantu Kemamang - Jawa
Berwujud bola api yang melayang-layang.


13. Oreng Pote - Bawean
Hantu ini berwujud manusia dengan kondisi putih pucat layaknya mayat.

14. Lelepah - Jawa
Hantu raksasa ini suka memakan daging, termasuk juga daging manusia.

15. Jelangkung - Nusantara
Hantu yang memasuki perantara dengan melalui panggilan ritual. Biasanya perantara yang digunakan untuk memanggil hantu ini adalah dengan menggunakan boneka yang terbuat dari batok kelapa. Namun seiring perkembangan zaman, boneka apapun juga bisa digunakan sebagai perantara untuk memanggilnya.


16. Reng Tua Malem - Madura
Hantu ini berwujud orang tua yang merokok di malam hari. Menurut cerita yang beredar, apabila bisa mengambil rokok dari hantu ini, maka orang tersebut akan menjadi sakti.

17. Mbah Jenggot - Jawa
Jin pesugihan yang berwujud menyerupai kakek tua dengan jenggot  yang panjang hingga mencapai perutnya.

18. Hantu Bengkek - Ketapang
Hantu ini sering terlihat di sungai. Penampakannya berkepala botak dan tangan kanannya lebih panjang dari tangan kirinya. Untuk mengusirnya dapat menggunakan telur ayam kampung yang dilemparkan ke hantu ini.

19. Genderuwo - Nusantara
Terkenal sebagai hantu yang suka mengelabui dan menggoda perempuan. Biasanya targetnya adalah perempuan yang sedang ditinggal oleh suaminya. Genderuwo datang dengan wujud yang menyerupai sang suami. Padahal wujud asli dari Genderuwo ini bertubuh besar, hitam, dan berbulu.


20. Begu Ganjang - Sumatera Utara
Seperti Tuyul, hantu ini biasanya dipelihara untuk mencari kekayaan. Tidak jauh berbeda seperti pesugihan pada umumnya, syarat yang diajukan adalah dengan mengorbakan manusia sebagai tumbal. Tubuhnya akan menjadi semakin tinggi ketika ada yang melihatnya.


21. Banaspati - Jawa
Dengan posisi badan yang terbalik, hantu ini berjalan dengan menggunakan kedua tangannya. Hantu ini dikenal sebagai hantu berelemen api dengan tubuhnya yang berapi-api.


22. Kuyang -  Kalimantan
Sama halnya seperti palasik, hantu ini dikenal sebagai siluman kepala manusia, namun tidak memiliki tubuh yang lengkap. Organ tubuhnya menempel dengan kepalanya. Hantu ini suka memangsa wanita yang sedang atau baru hamil dengan cara menghisap darah wanita tersebut.

23. Welthok - Surabaya
Hantu ini bertubuh kecil dengan kepalanya yang tak memiliki tempurung, dan dari kepalanya itu keluar bara api. Makanan favorit hantu ini adalah udang. Dia biasa mencari udang di tepi sungai. Sebelum dimakan, udangnya akan dia bakar terlebih dahulu dengan menggunakan bara api yang keluar dari kepalanya.

24. Pulung Gantung - Gunung Kidul
Hantu ini berwujud bola api yang biasanya datang sebagai pertanda buruk. Apabila hantu ini datang dan melayang-layang mengelilingi sebuah rumah, biasanya orang dalam rumah tersebut akan mati gantung diri.

25. Moto Sak Tampah - Jawa
Penampakannya memiliki bola mata yang sangat besar, tepatnya sebesar alat untuk memilah beras yang dikenal dengan nama tempeh.

26. Suwanggi - Papua
Berwujud bayangan hitam dengan mata yang berwarna merah menyala.

27. Pocong - Nusantara
Hantu ini masih menggunakan kain kafan yang terbalut pada tubuhnya. Biasanya sering terlihat melompat-lompat, terkadang ada yang melihat hantu ini melayang-layang.


28. Hantu Muka Rata - Nusantara
Sering terlihat sebagai hantu wanita yang memiliki muka rata. Tidak ada mata, hidung, maupung mulut pada wajahnya.


29. Matianak - Bawean
Matianak sebenarnya mirip dengan kuntilanak, wujudnya memiliki rambut yang panjang, menggunakan baju putih seperti daster, dan suka mengganggu laki-laki.


30. Hantu Kaki - Jawa
Sesuai dengan namanya, hantu ini berwujud kaki buntung dari lutut hingga ujung kaki.

31. Jurig Bonge - Jawa
Wujudnya tidak diketahui, namun hantu ini bisa dikenal dengan ciri-ciri suka menutup telinga orang yang sedang berada di area lintasan rel kereta. Orang yang telinganya ditutup oleh hantu ini tidak dapat mendengar suara kereta yang melintas. Akibatnya, biasanya orang tersebut tewas tertabrak kereta.


32. Kisut - Pacitan
Pendatang yang berjalan sendirian biasanya akan ditemani oleh hantu ini. Penampakannya berupa bayangan hitam yang mengiringi pendatang tersebut. Namun bagi pendatang tersebut, ia akan melihatnya seolah-olah sebagai orang yang dikenal. Warga setempat yang melihat pendatang diiringi oleh bayangan sudah tidak asing lagi dengan hantu ini. Mereka mengaku hal tersebut sudah biasa.


33. Memedhi Usus - Jawa
Wujudnya berupa usus manusia yang sering muncul di tepi sungai.

34. Anja-Anja - Jawa
Berupa kutukan yang menyerang pengantin baru yang melanggar adat setempat. Apabila penganting baru terkena kutukan ini, maka keesokan harinya akan tewas dengan tubuh membiru.

35. Memedi Bandhoso - Jawa
Hantu ini berwujud keranda yang melayang-layang. Dipercaya hantu ini membawa kabar bahwa akan ada yang mati disekitarnya dalam waktu dekat.


36. Santet - Nusantara
Wujudnya sering terlihat berbentuk komet. Biasanya dikirim dengan tujuan untuk melukai orang yang menjadi target sasarannya.

37. Balum Bili - Aceh
Hantu ini dikenal sebagai hantu penunggu Sungai Krueng Arakundo di Aceh. Penampakannya berwujud kelambu. Hantu ini takut dengan suara senjata api.

38. Tuyul - Jawa
Hantu yang cukup populer ini memiliki wujud anak kecil berkepala botak, dan hanya menggunakan celana dalam alias kolor saja. Suka dipelihara orang untuk mencari kekayaan. Menurut mitos yang beredar, apabila mau melihat hantu ini, dapat dilakukan dengan mencukur alis hingga menjadi botak.


39. Bayi Trek - Jawa
Dipercaya sebagai hantu yang berasal dari bayi korban keguguran. Wujudnya berkepala bayi, namun dengan tubuh belalang. Hantu ini muncul dengan diiringi suara kayu yang pecah.

40. Bis Hantu - Nusantara
Bis hantu ini biasanya adalah bis yang merupakan korban kecelakaan. Ketika kita naik bis hantu, biasanya akan terlihat penumpang-penumpang yang berwajah pucat. Mereka adalah korban-korban yang tewas akibat dari kecelakaan bis tersebut. Apabila kamu naik bis ini, perjalananmu akan bisa menjadi sangat cepat, jarak yang normalnya harus memakan waktu 5 jam, bisa menjadi setengah jam saja.


Punya cerita hantu lainnya? Punya foto hantunya? Yuk berkontribusi dengan memberikan informasi hantu tersebut kepada kami.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram