Minggu, 22 Januari 2017

Label:

Suanggi, Legenda Hantu Mematikan Asal Tanah Papua

Terseram.com Tak bisa dipungkiri bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki legenda atau cerita mistis. Hal itu tak lepas dari masyarakat Indonesia yang masih sangat percaya dengan adanya hal-hal gaib atau hal-hal yang berbau mistis.

Kali ini kita akan membahas mengenai Suanggi, legenda hantu yang sangat terkenal di tanah Papua. Masyarakat Papua sangat menakuti hantu yang satu ini, karena selain menyeramkan, hantu Suanggi konon juga sangat mematikan karena sering memakan korban jiwa.


Seperti hantu dari kalangan jin lainnya, Suanggi kabarnya juga bisa berubah-ubah wujudnya, mulai dari menyerupai bola api hingga berwujud hantu wanita dengan muka yang sangat menyeramkan. Saking ditakutinya, masyarakat Papua jarang ada yang berani keluar rumah pada saat malam hari. Tak hanya itu, masyarakat Papua juga jarang sekali ada yang mau bercerita mengenai hantu yang satu ini. Karena seperti mitos yang beredar, hantu Suanggi akan tahu siapa saja yang membicarakannya dan ia akan mendatanginya pada saat malam hari tiba.

Selain itu, masyarakat Papua juga percaya jika hantu Suanggi adalah hantu yang bisa diperintah oleh orang-orang tertentu yang memiliki kekuatan. Konon, hantu tersebut bisa diperintah untuk membunuh orang, dan hantu Suanggi akan menyerupai bola api dan melayang-layang di atas rumah calon korbannya sebelum ia menghabisinya.


Sebenarnya, hantu Suanggi juga bisa membunuh manusia meskipun tanpa ada yang memerintah. Suanggi sendiri bisa membunuh manusia dengan berbagai cara, namun yang paling melegenda adalah dengan cara membunuh korbannya dari jarak jauh dan secara langsung. Saat membunuh korbannya dari jarak jauh, hantu Suanggi akan memakan daging korbannya secara gaib sampai korbannya meninggal dunia. Saat membunuh secara langsung, Suanggi akan menyerang korbannya sampai tak berdaya kemudian baru memakan dagingnya.


Berdasarkan mitos, hantu Suanggi hanya bisa menyerang dan memakan daging orang Papua yang konon katanya dagingnya lebih terasa nikmat. Sementara hantu Suanggi tidak akan bisa menyerang orang pendatang atau bukan asli orang Papua. Namun apapun ceritanya, hantu Suanggi adalah hantu yang sangat legendaris dan sangat ditakuti oleh masyarakat Papua.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram