Jumat, 02 Desember 2016

Pulau Majeti, Pulau yang Menyimpan Banyak Misteri

Terseram.com Teluk Karangbandung, yang terletak di sebelah timur pulau Nusakambangan ternyata menyimpan sebuah legenda yang sampai saat ini masih diperrcaya oleh masyarakat dan nelayan setempat. Di teluk tersebut juga terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Majeti.

Kabarnya, istana Ratu Kidul atau yang penguasa laut selatan berada di pulau tersebut. Oleh sebab itu, para wisatawan tidak boleh sembarangan jika berada di teluk tersebut, terlebih lagi di sekitar pulau Majeti, pulau yang sejak dulu dianggap angker oleh para nelayan setempat.


Kesan angker pulau Majeti semakin menguat berdasarkan kesaksian dari mbah Helmi, salah seorang warga Cilacap. Konon, di pulau tersebut sempat beberapa kali terjadi kejadian yang cukup aneh dan diluar nalar manusia. Salah satu kejadian tersebut saat usianya masih sekitar 25-30 tahun. Kabarnya, kala itu ada sebuah perahu kecil yang berada di dekat pulau Majeti, dan salah seorang penumpang perahu mendengar ada suara wanita yang memanggil namanya di tepi pulau Majeti. Sontak, nelayan yang bernama Tumino yang saat itu masih berusia 25 tahun langsung menoleh ke arah sumber suara. Hal itu langsung membuat teman-temannya cemas, karena ada mitos yang dilarang menoleh jika dipanggil oleh seorang yang tak dikenal dari sekitar pulau Majeti. Karena konon yang memanggil itu adalah dhemit atau hulubalang Kanjeng Ratu Kidul.

Saat itu ombak di teluk Karangbandung cukup tenang, dan tak ada angin yang berhempus kencang. Tumino yang mendengar panggilan itu langsung mengayuh perahu kecilnya menuju ke pulau tersebut, namun tak disangka saat itu juga ada badai yang cukup besar. Secara tiba-tiba muncul ombak yang bergulung-gulung dari pantai selatan, Tumino dan perahu mungilnya langsung tersapu dan dihempaskan ombak ke dinding karang. Perahunya pun luluh lantah dan Tumino hilang ditelan ombak lautan pantai selatan. Sedangkan teman-temannya terlempar ke darat dan selamat meskipun badannya penuh dengan luka.


Oleh sebab itu, sampai saat ini jarang ada nelayan yang berani mendekat ke pulau Majeti, meskipu hanya sekedar bersandar sesaat.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram