Jumat, 09 Desember 2016

Label:

Penasaran?, Inilah Legenda Antu Banyu dari Sumatra Selatan

Terseram.com Hampir setiap daerah di nusantara memiliki legenda tersendiri, entah itu legenda terbentuknya suatu tempat hingga legenda yang berbau hal-hal mistis. Hal itu memang tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia, karena sampai saat in banyak masyarakat yang masih percaya dengan hal-hal gaib dan legenda yang berkembang di daerah asalnya.

Berbicara soal legenda, Sumatra Selatan juga memiliki legenda mistis yang tentunya cukup terkenal, yakni legenda mengenai antu banyu. Legenda ini sendiri dipercaya secara turun menurun oleh masyarakat Sumatra Selatan, terutama bagi mereka yang tinggal di dekat sungai.


Berdasarkan legenda, antu banyu adalah makhluk sebangsa jin yang berwujud sangat mengerikan. Bahkan makhluk ini konon katanya bisa mengambil nyawa manusia yang tinggal di sekitar sungai. Sebenarnya bukan hanya antu banyu, karena masyarakat Sumatra Selatan juga percaya bahwa ada makhluk lain seperti antu anyar, antu anyik, hingga hantu lowok yang mendiami setiap sungai yang ada di Sumatra Selatan. Namun apakah itu namanya, yang pasti mereka sangat berbahaya karena mereka sering memangsa nyawa manusia.

Antu banyu dikenal sebagai hantu air yang sangat melegenda, konon hantu yang berwujud wanita dengan muka menyeramkan serta berambut panjang nan kuat ini menjadi penyebab utama atas banyaknya kapal, perahu, atau nampan yang tenggelam. Tak jarang banyak masyarakat yang juga percaya jika antu banyu akan menghilangkan nyawa manusia yang terlalu lama beraktivitas di air. Jasad para korban antu banyu mayoritas akan berlubang pada bagian punggung atau ubun-ubun mereka. Karena konon hantu yang satu ini sangat menyukai sum-sum tulang belakang dan ubun-ubun manusia.



Berdasarkan legenda setempat, antu banyu menguasi setiap sungai yang ada di Sumtra Selatan. Namun habitatnya berada di goa-goa kecil yang berada di daerah plosok atau di sela-sela dasar sungai. Konon hantu ini baru akan muncul ketika mereka hendak memangsa korbannya. Kisah legenda inilah yang mendasari larangan keras bagi setiap warga Sumatra Selatan untuk tak berlama-lama beraktivitas di dalam air. Karena nyawa mereka akan menjadi taruhannya jika melanggar hal tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram