Selasa, 06 Desember 2016

Label:

Misteri 9 Roh di Tubuh Manusia (Bagian 1)

Terseram.com- merupakan bagian dari tubuh kita yang tak dapat dilihat keberadaanya bahkan Allah SWT pun berfirman dalam “surat Al-isra’17 ayat 85 yang artinya: "Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. katakanlah roh itu termasuk urusanku. dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit”

Dari pengetahuan ini yang telah dilakuakan pengkajian secara mendalam sejak dahulu oleh nenek moyang kita ternyata memang benar dalam tubuh manusia itu terdiri dari 9 Jenis roh dan mempunyai fungsi dan tugasnya masing-masing.



Berikut ini kami sajikan 9 Macam Roh Pada Manusia berikut dengan Fungsinya:

1. Roh Idhofi atau dalam bahasa kejawen sering dikatakan sebagai roh ilafi/ilofi

Alam tinggal roh idhofi ini adalah nur (cahaya) yang sangat terang benderang dan begitu sejuk. roh ini adalah pusat dari tubuh manusia roh ini yang memiliki peranan paling penting dan roh inilah yang memberi perintah dari ke 8 roh lainya makanya roh idhofi diberi julukan sebagai “johar awal suci” roh inilah yang dapat membuat manusia hidup. 

Untuk seseorang yang mempunyai tingkat ilmu kebatinan yang tinggi dapat melihat wujud dari roh idhofi ini. wujud dari roh idhofi ini tidak jauh berbeda dengan tubuh kita dari rupa, suara, tingkah laku dan segala sesuatunya persis seperti wujud asli dari kita sendiri (tidak ada yang berbeda) sifat inilah yang membedakan roh idhofi beda dengan roh yang lainya.


2. Roh Rabbani 

Tempat alam tinggal roh ini dalam (cahaya) yaitu berwarna kuning dan diam tak bergerak.

Sifat roh rabbani tersebut tidak mempunyai kehendak apa-apa. Mengapa? karena roh ini tidak memiliki hawa nafsu maka roh ini sering dipergunakan para kaum supranaturalis sebagai titik pusat dalam bertapa. untuk mencapai tingkat ketenangan dan penyatuan yang luar biasa dengan alam

3. Roh Rohani 

Roh ini yang berperan mengendalikan hawa nafsu manusia.
Roh ini mimiliki 2 sisi kehendak yang berbeda-beda. roh yang dapat membuat kita sering merasakan kadang menyukai sesuatu hal dalam hidup. dan kadang tidak menyukai hal tersebut atau bisa dibilang membenci.

Roh ini pun yang memiliki pengaruh besar akan perbuatan baik dan buruk roh ini pun mempunyai 4 jenis nafsu yaitu :

1. Nafsu luwama (aluamah)
2. Nafsu Amarah 
3. Nafsu Supiyah
4. Nafsu mulamah (mutmainah).

Jika roh ini pergi meninggalkan tubuh manusia maka kalau manusia makan ia tidak akan memiliki nafsu lagi.

Bilamana kamu dapat menguasai roh ini maka ia akan hidup dalam keilmuan. roh ini mempunyai sifat mengikuti penglihatan.

Apa yang saat kita pandang  atau apa yang kita lihat disitulah roh rohani berada.

1 komentar:

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram