Kamis, 15 Desember 2016

Label:

Menarik, Inilah Legenda Gunung Kelud

Terseram.com Sebagai negara yang terletak di antara pertemuan dua lempeng bumi, tak heran jika Indonesia memiliki banyak gunung api yang masih aktif dan siap kapan saja untuk meletus. Bahkan dua gunung berapi di Indonesia, yakni Gunung Merapi dan Gunung Kelud dikenal sebagai gunung yang sangat aktif di dunia.

Selain terkenal akan kawah berapinya, kedua gunung tersebut juga dikenal akan cerita mistinya yang cukup menyeramkan. Bahkan Gunung Kelud dipercaya sebagai gunung yang memiliki kerajaan mistis di puncak tertingginya.

Gunung Kelud
Kisah mistis yang paling terkenal dari gunung ini adalah legenda terbentuknya Gunung Kelud itu sendiri. menurut cerita rakyat warga Kediri, Blitar, dan Tulungagung, gunung yang memiliki tinggi sekitar 1.713 mdpl itu terbentuk karena pengkhianatan seorang dewi bernama Dewi Kilisuci.

Menurut kisahnya, Dewi Kilisuci adalah seorang dewi yang memiliki kecantikan yang sangat luar biasa. Bahkan kecantikannya bisa menarik hati semua pria dari alam manapun, tak terkecuali dari alam gaib. Kecantiannya juga memikat hati dua raja dari alam gaib, Lembu Suro dan Mahesa Suro. Keduanya yang memiliki kekuatan luar biasa itu juga ingin mempersunting Dewi Kilisuci. Hanya saja hal itu ditolak oleh Dewi Kilisuci dengan cara yang sangat halus, yakni dengan melakukan sayembara.

Patung Lembu Suro
Dewi Kilisuci meminta kepada kedua raja itu untuk dibuatkan dua buah sumur di atas puncak Gunung Kelud. Kedua sumur itu pun harus selesai hanya dalam waktu satu malam dan kedua sumur itu harus mengeluarkan bau yang berbeda, dimana satu sumur harus berbau amis darah dan yang satunya harus bau wangi.


Dengan kekuatan mistisnya, kedua raja itu pun mampu menyelesaikan permintaan Dewi Kilisuci hanya dalam waktu semalam. Namun Dewi tak kurang akal, dia pun meminta kedua raja itu untuk membuktikan bau amis darah dan wangi dari kedua sumur tersebut, ia pun meminta keduanya untuk masuk ke dalam sumur itu. Setelah keduanya masuk, konon Dewi Kilisuci meminta kepada pasukannya untuk segera menutup dua buah sumur itu dengan batu-batuan besar agar kedua raja itu tak bisa keluar dari sumur. Kedua raja itu pun akhirnya tewas tertimbun di dalam sumur tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram