Selasa, 06 Desember 2016

Label:

Luar Biasa, Mumi Berusia 2100 Tahun Ditemukan Dalam Kondisi Masih Cantik

Terseram.com Menurut penelitian, mumi perempuan ini diperkirakan sudah berusia 2.100 tahun. Namun saat ditemukan ia masih memiliki rambut, bulu mata, dan kulit yang lembut, bahkan kaki dan lengannya masih bisa ditekuk. Nama mumi itu adalah Lady of Dai, yang diklaim sebagai mumi terbaik yang pernah ditemukan.


Lady of Dai sendiri adalah julukan untuk istri Marquis of Dai bernama Xin Zhui yang diperkirakan hidup di masa Dinasti Han. Ketika meninggal sekitar 2000 tahun yang lalu, Lady of Dai mengalami obesitas atau kelebihan berat badan yang menyebabkannya menderita darah tinggi, penyumbatan arteri, hingga hatinya mengalami kerusakan yang cukup parah.

Makamnya sendiri ditemukan di salah satu bukit yang terletak Hunana, China, ketika para pekerja sedang berusaha mencari tempat berteduh karena hujan yang cukup lebat dan serangan udara dingin. Ketika ditemukan, jasadnya dikubur bersama dengan almari pakaian yang terdiri dari 160 figur kayu yang mewakili pelayannya, 100 kain sutra, dan peralatan mandi serta kecantikan.

Jasad Lady of Dai dibungkus dengan 20 lapis kain sutra dan diletakkan di dalam empat peti mati yang kemudian dikemas dengan menggunakan arang dan tanah liat, yang menyebabkan jasadnya kedap air dan sekaligus mencegah masuknya bakteri yang bisa merusak jasadnya.

Dikutip dari Daily Mail, Jum’at (02/12/2016), para ilmuwan yang melakukan penelitian sempat terkejut dengan keadaan mumi Lady of Dai yang sangat baik. Bukan hanya tampak luar, tapi semua organ dalam dan golongan darahnya juga masih sempurna.

Setelah melakukan penelitian, para ilmuwan menyimpulkan bahwa Lady of Dai diperkirakan meninggal saat berusia 50 tahun karena penyakit jantung yang disebabkan oleh obesitas dan gaya hidup mewahnya. Karena terawetkan dengan baik, para ilmuwan sampai bisa meyakini jika makanan terakhir yang dikonsumsi oleh Lady of Dai adalah buah melon.

Kehidupan mengenai Lady of Dai sempat diangkat dalam drama musikal bertajuk “Beauty of the Han Dynasty”. Pertunjukan itu sendiri mengisahkan tentang kisah cinta Lady of Dai dengan suaminya dan dipentaskan di Changsa, Hunan, tempat dimana mumi itu ditemukan.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram