Selasa, 06 Desember 2016

6 Lokasi Pintu Untuk Berjumpa dengan Nyai Roro Kidul (Bagian 2)

Terseram.com- Berikut adalah lanjutan dari 6 Lokasi Pintu Untuk Berjumpa dengan Nyai Roro Kidul:

3. Pantai Parangtritis, Di Yogyakarta

Legenda penguasa laut selatan, Nyai Roro Kidul juga berkembang di Pantai Parangtritis. Sebagian orang mempercayai kalau pengunjung dilarang mengenakan pakaian berwarna serba hijau saat berada di pantai ini.

Kisahnya, mereka yang memakai baju hijau akan diajak menjadi pelayan Nyai Roro Kidul. Hii sereeemm!

Parangtritis juga saat ini menjadi salah satu tempat persembahan pada saat malam 1 Suro.



4. Pantai Sembukan, Jawa Tengah

Pantai Sembukan adalah pantai yang dipercaya menjadi penghubung antara alam Nyai Roro Kidul dengan manusia.

Pantai yang berlokasi di daerah Dusun Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri ini, mitosnya, pantai ini sebagai pintu ke-13 untuk Ratu Laut Selatan menghadiri pertemuannya dengan para raja Kasunanan Surakarta.

Di daerah pantai ini juga ada sekitar 3 bukit tinggi yang memiliki aura mistis, namun di siang hari biasanya ramai dijadikan tempat untuk memandang dan berfoto ria oleh wisatawan.


5. Keraton Surakarta Hadiningrat, Jawa Tengah

Kamu tahu Keraton Surakarta? Nggak afdol rasanya kalo kamu pergi ke solo, tapi nggak sempat berlibur di Kraton Surakarta Hadiningrat atau Kraton Kasunanan Surakarta ini.

Pecahan dari Keraton Yogyakarta tersebut, memiliki sejuta pesona. Sentuhan artistik bergaya Eropa pun membuat Keraton Surakarta terlihat indah dan sempurna sekali.

Namun, di balik keindahan bangunannya, tersisip juga kisah Nyai Roro Kidul pada keraton ini. Konon, Panggung Sangga Buwana yang ada di area keraton ini adalah tempat bercengkerama antara sultan Surakarta dengan Kanjeng Ratu Kidul.

Sang Ratu dikabarkan akan menampakan wajahnya sebagai perempuan muda dan cantik disaat bulan muda. Namun, lama-kelamaan wajahnya akan terlihat berangsur-angsur memburuk. Jadi merinding nih.

Bahkan, saat memasuki kompleks utama yang berada setelah Gladag, wisatawan harus melepaskan alas kaki yang sedang digunakan. Ya harus, kamu harus berjalan dengan telanjang kaki di atas pasir yang memenuhi pelataran halaman depan kompleks utama.

Pasir-pasir ini kabarnya dibawa langsung dari Pantai Selatan.


6. Vihara Kalyana Mitta, DKI Jakarta

Kamu tinggal di jakarta? Hati-hati ternyata kisah Nyai Roro Kidul pun sampai ke wilayah Jakarta. Tepatnya di Vihara Kalyana Mitta, Pekojan, Jakarta Barat, terdapat satu tempat khusus pemuliaan sang Nyai Roro Kidul.

Pada ruangan yang ada di lantai bawah atau altar dewa-dewi vihara ini, kamu akan melihat lukisan Kanjeng Ratu lengkap dengan dupa, keris, dan alat sesajen lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram