Rabu, 16 November 2016

Menggemparkan! Sebuah Jamur yang Bisa Mengeluarkan Asap Tumbuh di Buleleng Bali

Indonesia adalah sebuah negara dengan keanekaragaman hayati. Indonesia memiliki banyak flora yang bentuknya beraneka ragam. Salah satu spesies yang ada di Indonesia adalah jamur. Jamur terkenal di banyak negara sebagai salah satu sumber makanan. Meski begitu, ada banyak jamur yang mengandung racun.

Salah satu ciri menonjol dari jamur yang mengandung racun yaitu biasanya warnanya mencolok mata, seperti merah. Jamur yang beracun biasanya juga memiliki bentuk yang cantik. Dan ini sungguh sangat memikat manusia untuk mengambil dan memakannya setelah terlebih dulu dimasak tentunya.




Tragedi keracunan jamur biasanya terjadi karena kecelakaan salah paham seperti ini. Dikiranya jamurnya bisa dimakan, eh ternyata malah jamur beracun. Seperti jamur kuping misalnya. Jamur ini terkenal sangat enak. Tapi ternyata ada sebuah jamur yang bentuknya mirip dengan jamur kuping, namun sebenarnya bukan jamur kuping. Jamur kembaran jamur kuping ini biasanya tumbuh di atas kotoran hewan, seperti tlepong (kotoran sapi).

Di artikel ini akan diceritakan sebuah jamur spesies aneh. Jamur ini tumbuh di sebuah pohon mangga di rumah Nyoman Sukanada. Dia adalah warga desa Kayuputih, kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Sebagai penduduk pulau Bali yang sudah sering melihat berbagai hal mistis, Nyoman kali ini benar-benar heran kenapa ada jamur yang mengeluarkan asap.

Awalnya dia pikir ini hanya salah lihat dan asap itu akan hilang. Namun diperhatikan berhari-hari, jamur ini terus mengeluarkan asap berkali-kali sepanjang hari. Bahkan dalam kondisi yang sedang hujan pun asapnya masih terus keluar. Inilah yang akhirnya membuat Nyoman menceritakan pada tetangga-tetangganya hingga akhirnya menjadi heboh di publikasi pers lokal seperti Tribun Bali.



Fenomena jamur asap ini bukan pertama kalinya terjadi di Indonesia. Ada cukup banyak kejadian serupa. Di mana jamur-jamur temuan warga berperilaku abnormal mengeluarkan asap padahal tidak sedang dibakar. Hingga sekarang belum ada penjelasan resmi tentang jamur asap ini. Apakah bisa dimakan atau tidak. Tapi sepertinya tidak ada satu pun orang yang berani makan jamur berasap, takut ini merupakan jamur hantu dan beracun bisa menyebabkan kematian.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram