Sabtu, 05 November 2016

Label:

Mengerikan, Inilah Misteri Pulau Onrust

Pulau Onrust adalah pulau terpencil yang terletak di kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini termasuk salah satu pulau yang cukup ramai didatangi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal itu dikarenakan pulau Onrust adalah salah satu pulau yang cukup bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Meskipun bersejarah, namun pulau yang satu ini juga tak lepas dari kisah-kisah mistis yang cukup menyeramkan. Hal itu tak lepas dari sejarah kelam pulau ini di masa penjajahan dahulu. Mulai dari zaman penjajahan Kolonial Belanda hingga zaman penjajahan Jepang.

Pulau Onrust
Dalam sejarah, pulau Onrust dahulunya adalah tempat karantina bagi warga Indonesia yang baru menunaikan ibadah haji. Namun saat itu pemerintah Hindia-Belanda khawatir jika jemaah haji Indonesia membawa virus TBC. Selain itu, pemerintah Hinda-Belanda juga takut jika jemaah haji yang baru pulang akan membawa pengaruh buruk bagi pihak Belanda.

Pada tahun 1933, kabarnya pulau Onrust mulai beralih fungsi menjadi tempat tahanan bagi para pemberontak serta orang-orang yang dianggap berpengaruh bagi warga Indonesia. Tak hanya itu, pada masa penjajahan Jepang yang tergolong cukup singkat pulau ini menjadi tempat eksekusi bagi para tawanan yang dianggap berkhianat terhadap kekaisaran Jepang. Hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya makam kuno yang tak bernama di pulau Onrust.

Makam Kuno di Pulau Onrust
Kelamnya kisah pulau Onrust di masa yang lalu, membuat pulau yang satu ini diselimuti oleh cerita-cerita mistis yang sangat menyeramkan. Menurut penjaga pulau Onrust, areal pemakaman yang terletak di belakang pulau adalah tempat yang paling angker. Pasalnya, di tempat tersebut sering terdengar suara-suara misterius hingga berbagai penampakan yang cukup mengerikan. Termasuk juga legenda mengenai hantu noni Belanda yang lebih dikenal dengan nama hantu Maria Van de Velde. Sosok tersebut kabarnya sering menampakkan wujudnya dengan menggunakan busana khas Belanda.

Dalam kisahnya, Maria disebut meninggal karena bunuh diri setelah kecewa karena hingga hari pernikahannya sang kekasih yang juga orang Belanda tak kunjung datang menemuinya. Kabarnya, pernikahan Maria tak direstui oleh orang tuanya dan sang pacar sengaja diikutkan ke dalam pasukan militer Belanda agar dia tewas.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram