Minggu, 06 November 2016

Label:

4 Kecelakaan Pesawat Paling Tragis di Dunia

Sebagai salah satu moda transportasi yang sangat diminati oleh banyak orang, pesawat menerapkan standarisasi keamanan yang sangat ketat. Karena jika terjadi kesalahan sekecil apa pun, tentunya akan sangat berakibat fatal bagi para penumpang.

Meskipun demikian, pesawat terbang juga tak pernah lepas dari yang namanya kecelakaan. Bahkan ada beberapa kecelakaan pesawat yang disebut sebagai kecelakaan paling tragis karena merenggut nyawa ratusan penumpang yang ada di dalamnya. Berikut adalah 4 kecelakaan pesawat paling tragis di dunia.

1. Tabrakan Pesawat AM 1736 dan KLM 4805 pada 1977



Pada tahun 1977 terjadi kecelakaan pesawat yang sangat mengerikan, dimana pesawat dengan nomor penerbangan AM 1736 milik Amerika Serikat bertabrakan dengan pesawat bernomor penerbangan KLM 4850 milik Belanda di Bandara Los Radeos yang kini dikenal dengan nama Bandara Tenerife Utara.

Kesalahan komunikasi disebut sebagai penyebab kecelakaan antara dua pesawat Boeing 747 tersebut. Ini juga menjadi kecelakaan pesawat yang paling banyak merenggut korban jiwa, karena jumlah dari penumpang kedua pesawat yang mencapai 583 jiwa langsung tewas seketika.

2. Pesawat Japan Airline pada 1985



Selanjutnya ada pesawat Japan Airlane rute Tokyo-Osaka yang mengalami kecelakaan pada 12 Agustus 1985. Pesawat tersebut hilang dari radar penerbangan Jepang di sekitar Gunung Takamagahara, Jepang. Hilangnya pesawat tersebut dikarenakan ada masalah dengan sistem mekanisnya. Dalam kecelakaan itu, 520 dari 524 penumpang pesawat termasuk awak kabin tewas seketika.

3. Pesawat Kazakhstan Airline 1907 pada 1996



Pesawat Kazakhstan Airline tersebut bertabrakan dengan pesawat Saudi Arabian Airline 763 di dekat desa Charkhi Dadri, sebelah barat New Delhi, India. Kala itu pesawat Saudi Airline 773 hendak mendarat di bandara New Delhi, namun di saat yang bersamaan Kazakhstan Airline 1907 baru akan take off dari bandara yang sama.

Pada kecelakaan itu, sebanyak 349 penumpang dan awak kabin tewas. Menurut penyelidikan, pilot Kazakhstan Airline 1907 yang menjadi penyebab kecelakaan. Ia diduga tidak lancar berbahasa Inggris sehingga salah dalam berkomunikasi.

4. Turkish Airline 981 pada 1974


Yang terakhir adalah kecelakaan pesawat yang terjadi pada Turkish Airline 981 pada Maret 1974. Pada kecelakaan itu, sebanyak 346 penumpang dan awak kabin pesawat tewas. Dalam penyelidikan, pesawat itu diduga mengalami gangguan pada bagian kargo. Saat itu kargo McDonenel Douglas DC-10 disebut tak berfungsi sehingga menyebabkan kerusakan pada mesin.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram