Jumat, 04 November 2016

3 Tarian Paling Magis dan Mistis di Indonesia

Sebagai sebuah negara yang multikultural, Indonesia kaya dengan kesenian tari. Ada banyak sekali tarian di Indonesia yang mendunia, dikenal luas masyarakat dunia karena program-program wisata budaya selama ini yang digalakkan pemerintah Indonesia.

Tari adalah sebuah kesenian yang mengandalkan gerak tubuh mengikuti irama musik dan nyanyian. Tari dilakukan secara individual maupun berkelompok. Tari terkadang mengandung unsur mistis dan magis karena interaksinya dengan dunia gaib. Memang ada beberapa tarian yang fungsinya untuk menjembatani komunikasi dua alam, antara alam nyata dengan alam gaib.



Biasanya tarian yang sarat akan unsur magis dan mistis ini adalah jenis tari tradisional yang dilakukan di suatu masyarakat yang kental dengan adat kesukuan. Tari ini dilestarikan turun temurun sehingga dari masa ke masa, masyarakat adat sana selalu memiliki bibit-bibit baru penari.

Berikut adalah 3 tarian paling magis dan mistis di Indonesia, yang perlu kamu ketahui:

1. Tari Ronggeng


Kamu mungkin sudah tidak asing mendengar nama Ronggeng. Tari Ronggeng adalah sebuah tarian yang berkembang di Tatar Sunda (tanah pasundan). Tari ini menceritakan tentang seorang putri yang kehilangan kekasihnya karena dibunuh para perampok. Putri ini bernama Putri Semboja yang diyakini sebagai anak ke-38 dari Prabu Siliwangi.

Karena merasa sedih kehilangan kekasihnya itu. Akhirnya Putri Semboja bertekad menemukan para perampok itu yang diyakini sebagai suruhan orang elite politik kerajaan. Maka dari itu, Putri Semboja pun menyamar jadi seorang penari ronggeng keliling, untuk tujuan mencari pembunuh kekasihnya.

2. Tari Mabbissu


Tari Mabbissu adalah sebuah tarian dari masyarakat adat suku bugis. Tarian ini dianggap sakral karena menjembatani dua dunia, antara dunia fisik dengan dunia spiritual. Mungkin kamu mengira para penarinya bisu? Karena namanya Mabbissu. Ternyata tidak demikian, karena sebenarnya arti dari Mabbissu adalah kuat seperti besi, suci, dan tidak berdarah.

Tarian ini biasanya memperagakan atraksi di mana para penari akan ditikam dengan senjata tajam namun tidak mengeluarkan darah. Bahkan biasanya penari juga diterpa dengan timah panas tapi tidak mati. Aneh memang, karena tarian ini memang menggunakan perlindungan sihir magic tingkat tinggi.

3. Tari Lengger


Kamu sepertinya juga sudah akrab dengan tarian yang satu ini. Lengger adalah sebuah tarian yang berkembang di masyarakat Jawa Tengah. Tari ini sering dijadikan sebagai simbol kebebasan berhubungan intim. Karena para penonton Lengger berhak untuk melakukan "Nyawer" kepada para penari. Nyawer adalah memberikan uang kepada Lengger, untuk kemudian Lenggernya akan menari menghibur penyawernya.

Tari Lengger biasanya juga diselengi dengan berbagai atraksi mengerikan. Di mana orang-orang yang nonton pada ikutan nari karena kesurupan. Beberapa penari lengger juga biasanya menari dalam kondisi kesurupan yang disebut kesurupan indang. Saat kesurupan inilah dianggap sebagai puncak dari kenikmatan, atau sekadar kebebasan hidup.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram