Selasa, 29 November 2016

Label:

10 Cara Melakukan Meditasi yang Benar

Terseram.com- Tahukah kamu bahwa meditasi adalah suatu kegiatan yang sangat penting dilakukan manusia yang ingin menguak tabir misteri alam semesta ini. Meditasi ibarat Long March atau perjalanan panjang guna membuka gerbang kemerdekaan batin. Hanya dengan bermeditasi batin mampu melepas kemelekatannya dengan jasad, hingga dapat melanglang mengembara ke sudut-sudut alam semesta.

Dalam sudut pandang spiritualisme, yang disebut sebagai alam semesta itu ada 2 macam yakni: Makrokosmos (jagad besar) dan Mikrokosmos (jagad kecil). Meditasi dilakukan untuk menjembatani terbukanya akses ke jagad besar dan jagad kecil.



Ada banyak cara melakukan meditasi. Cara ini biasanya terpecah menjadi dua kubu, yaitu: kubu kanuragan dan kubu spiritual. Meditasi kanuragan biasanya difungsikan untuk mengakses jagad kecil guna mengaktifkan cakra-cakra. Sedangkan meditasi kubu spiritual biasanya berkaitan dengan pencarian jati diri bahkan pencarian Tuhan.

Berikut kami telah menyusun 10 cara melakukan meditasi yang benar, cara ini disusun berdasarkan pertautan kanuragan dan spiritual:

1. Sebelum melakukan meditasi, sucikan dulu jasadmu. Dengan cara mandi afirmatif. Apa itu mandi afirmatif? Ini adalah mandi dengan menyadari dan menyugesti air yang membasahi tubuh bakal membuang seluruh debu dan energi negatif yang menempel.

2. Setelah mandi, pakailah baju yang longgar (tidak ketat/gombrong). Jangan lupa pakai juga minyak wangi yang baunya kalem.

3. Setelah itu, kamu harus berjalan-jalan dulu di sekitar rumah. Hirup udara segar. Tatalah pikiranmu agar bisa fokus pada satu hal. Tersenyumlah dan lihat le langit. Karena langit akan membuat vibrasi tubuhmu meningkat.

4. Setelah kamu rasa cukup tenang. Masuk kembali ke dalam rumah. Duduklah bersila dan mulai melakukan pernafasan.

5. Teknik pernafasan yang baik itu adalah pernafasan santai biasa seperti nafas yang biasa. Hanya saja disadari keluar masuknya udara.

6. Setelah pernafasan selesai, kini saatnya kamu meditasi. Pejamkan matamu, pertahankan nafas.

7. Pada beberapa orang, ketika memejamkan mata sambil duduk bersila pasti akan merasakan kekakuan di badan. Terutama dahi, leher, dan punggung. Ini wajar saja karena kekauan tubuh hanya bisa hilang dengan kebiasaan. Semakin lama kamu terbiasa meditasi, maka kamu akan luwes tidak kaku lagi.

8. Duduk bersila akan membuat cakra dasarmu aktif terbuka. Sensasinya ditandai dengan rasa geli di tulang ekor (pantatmu). Tahan rasa geli ini karena kegelian terjadi karena naiknya energi ke atas (cakra-cakra selanjutnya)

9. Setelah kamu rasa sangat tenang dengan kondisi dan sensasi tubuh. Mulailah untuk tenggelamkan pikiranmu di alam suwung. Alam kekosongan persepsi. Alam kehampaan.

10. Tahapan cara melakukan meditasi yang benar selanjutnya adalah kamu akan dapat melihat berbagai realitas-realitas jagad besar dan jagad kecil yang luar biasa. Susah dijelaskan dengan kata-kata. Semuanya bercahaya indah dan membuatmu alami ekstase (puncak kepuasan dan kedamaian batin).

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram