Rabu, 05 Oktober 2016

Wow, Seram! Gurun Pasir Altyn Emel di Kazakhstan Bisa Nyanyi

Dulu, sebelum ilmuwan meneliti Gurun Pasir Altyn Emel di Kazakhstan, masyarakat sana menganggap suara-suara seperti nyanyian yang berasal dari gurun ini adalah nyanyian hantu. Ketika mereka mendendangkan lagu-lagu mengerikan dengan iringan musik kelam.

Namun, setelah ilmuwan masuk ke gurun ini dan meneliti. Ternyata suara yang selama ini didengar masyarakat adalah suara pasir berbisik, yang berasal dari butiran pasir di seantero luas gurun Altyn Emel. Pasir yang tertiup angin kencang di sana kemudian memberikan dampak gesekan antar butiran pasir, sehingga terdengarlah bunyi-bunyian.



Mengapa suara bisa sampai terdengar ke pemukiman warga? Karena suara itu terbawa angin, maklum di sana banyak kantong udara sebenarnya. Sebagaimana kalau di daerah gunung, anomali suara juga kerap terjadi, seperti di puncak gunung, namun bisa terdengar adzan dari pemukiman penduduk yang padahal jaraknya jauh.

Sebelum penelitian ilmiah merambah gurun ini, masyarakat kazakhstan sangatlah ketakutan, sampai-sampai jika Gurun Altyn sedang "nyanyi", mereka bisa sembunyi terus di dalam rumah dan tidak akan keluar hingga suara nyanyian itu berhenti. Betapa takut mereka kalau-kalau suara itu adalah suara para dayang dari kerajaan jin, yang bernyanyi untuk menghipnotis mereka, agar mendekat ke Gurun.

Dan ketika mereka sudah sampai ke gurun, maka kecelakaan akan terjadi. Misalnya mereka terkena badai kemudian mati. Atau tiba-tiba mereka dimakan binatang buas seperti ular gurun. Atau bisa pula mereka bakal diculik ke dimensi lain, dijadikan budak dari raja jin Lucifer.

Tapi ketakutan masyarakat itu wajar saja, soalnya pasir berbisik di Gurun Altyn Emel memang terdengar seperti nyanyian kelam duka cita. Seakan menjadi lagu penghantar kematian. Untunglah para ilmuwan segera memberikan penjelasan ilmiah soal ini.

Fenomena pasir berbisik tidak terjadi di semua gurun yang ada di dunia ini. Hanya ada di beberapa gurun saja, salah satunya Gurun Altyn Emel ini. Biasanya kriteria gurun yang mengalami pasir berbisik adalah gurun dengan jenis pasir yang besar-besar sehingga ada rongga. Selain itu, juga memiliki arus angin yang kencang, sehingga sering terjadi badai udara.

Namun tentu saja, Gurun Altyn Emel berbisik tidak hanya saat badai, kalau ketiup angin agak kencang atau malah sedang saja, juga bakal mengeluarkan suara. Inilah sebabnya gurun ini dinamakan pula sebagai "Singing Dune".

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram