Sabtu, 29 Oktober 2016

Misteri Alas Ketonggo, Hutan Terangker di Jawa Timur

Alas Ketonggo, sebuah hutan yang sangat terkenal, khususnya bagi para pecinta dunia lain. Karena kabarnya Alas Ketonggo adalah hutan terangker di Jawa Timur. Alas Ketonggo sendiri memiliki arti, yakni Alas yang berarti hutan, Ketonggo yang berarti terlihat, dan Onggo yang berarti makhluk halus. Sehingga kalau dijabarkan berarti hutan yang dihuni oleh makhluk halus yang terlihat.

Pintu Masuk Alas Ketonggo
Menurut mitos, Alas Ketonggo dipercayai sebagai pusat keraton makhluk halus yang dimana di dalam hutan tersebut memang terdapat 54 tempat pertapaan yang sering digunakan oleh paranormal untuk bertapa. Namun dari banyaknya tempat pertapaan, hanya ada 10 tempat pertapaan yang cukup populer di Alas Ketonggo, yaitu Punden Tugu Mas, Phunden Watu Dakon, Kali Tempur Sedalem, Palenggahan Agung Srigati, Punden Siti Hinggil, Batok Bolu, Umbul Jambe, Watu Legok, Kori Gapit dan Palenggahan Soekarno.

Selain angker, Alas Ketonggo juga merupakan salah satu tempat yang cukup bersejarah. Karena di tempat inilah konon Prabu Brawijaya V melakukan pertapaan dan melepas semua tanda kebesaran kerajaan seperti jubah, mahkota, dan semua benda pusaka yang dimilikinya. Di dalam Alas Ketonggo juga terdapat sebuah petilasan Prabu Brawijaya V yang berupa gundukan tanah yang akan terus tumbuh dan mengeras setiap harinya, petilasan itu pun dinyatakan sebagai bagian dari sejarah kerajaan Majapahit.

Petilasan Prabu Brawijaya V
Di sisi lain, keberadaan Palenggahan Agung Srigati membuat Alas Ketonggo menjadi sebuah tempat wisata spiritual yang cukup terkemal. Karena saat memasuki Alas Ketonggo, para pengunjung akan langsung disambut dengan Palenggahan Agung Srigati yang berupa rumah kecil dengan ukuran sekitar 4x3 meter. Di dalam rumah itulah terdapat tanah yang terus tumbuh setiap hari layaknya makhluk hidup. Untuk menambah kesan sakral, Palenggahan Agung Srigati juga dikelilingi oleh kain berwarna putih.

Selain menjadi obyek wisata spiritual, ada mitos yang menyebutkan bahwa di Alas Ketonggo sering terdengar suara yang cukup misterius pada malam hari. Tak hanya itu, kabarnya banyak pengunjung yang juga melihat kilatan cahaya aneh datang dari atas pepohonan. Alas Ketonggo juga kabarnya sering menjadi tempat penarikan uang atau ban gaib.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram