Jumat, 07 Oktober 2016

Kejam! Rumah Spongebob Cs di Bikini Bottom Ternyata adalah Korban Nuklir Amerika

Siapa yang tidak kenal dengan Spongebob, kartun absurd yang berwarna kuning yang tinggal di rumah berbentuk nanas, di pemukiman dasar laut yang disebut Bikini Bottom. Spongebob tinggal di rumah nanas itu bareng peliharannya, siput yang bernama Gerry.

Spongebob bekerja di sebuah resto burger milik Tuan Crab, yaitu: The Crusty Krab. Ia menjadi koki di sana. Membuat burger dengan sebuah resep rahasia. Di resto itu dia punya partner kerja, yang menduduki posisi kasir. Kebetulan partnernya ini juga adalah tetangganya, si tuan gurita judes, Squidward. Mereka berusaha melayani pelanggan dengan baik, meskipun selalu banyak gangguan, misalnya dari plankton yang selalu berusaha mencuri resep rahasia.



Kartun ini di Indonesia belum lama ditayangkan, mungkin sekitar tahun 2008-an baru masuk Indonesia. Padahal kartun ini mulai tayang di Amerika pada tahun 1999. Maklum saja karena untuk membeli lisensi tayang pasti tidak murah. Apalagi harus melalui proses dubbing dulu, dan berbagai ritual penyensoran agar layak tayang pastinya.

Pernahkah merasa aneh, melihat keganjalan pada kartun animasi TV Spongebob Squarpants ini? Misalnya kenapa Tuan Crab yang kepiting itu punya anak berwujud ikan paus? Atau malah diri Spongebob sendiri? Makhluk apaan ini kenapa bentuknya begitu? Dan mengapa pula ada nanas tumbuh di dalam laut dan jadi rumahnya Spongebob? Atau kenapa siput kok ada di dalam laut? Dan pertanyaan paling besar tentu saja kenapa di sana semua makhluk bisa bicara, bagaikan manusia saja. Apalagi di sana juga ada uang.

Kalau untuk menjawab pertanyaan di atas adalah dengan jawaban: "ini kan kartun, wajar lah khayalan." Wah ini namanya jawaban yang terlalu mengentengkan. Membuat remeh persoalan pelik. Karena semua fakta keganjilan di animasi Spongebob ini adalah simbol. Ada makna di baliknya.

Flash back ke masa silam, di mana kartun animasi Spongebob diproduksi. Manajemennya sesungguhnya menaruh prihatin besar pada ulah pemerintah Amerika Serikat yang melakukan percobaan peledakan nuklir di sebuah lokasi laut yang dinamakan Bikini Atoll. Percobaan nuklir ini memberangus kehidupan bawah laut. Habitat ikan dan satwa laut lain, terumbu karang, hancur tak bersisa.



Maka para animator pun berkreasi membayangkan dampak "imajinatif" dari peledakan nuklir di Bikini Atoll itu. Lokasi Bikini Atoll diganti namanya jadi Bikini Bottom. Dan dibuatlah cerita bahwa di bawah laut sana menjadi ada fenomena ganjil. Di mana muncul makhluk-makhluk mutan yang aneh. Yang tubuhnya memang mengalami kelainan akibat efek radiasi nuklir.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram