Senin, 03 Oktober 2016

Dewandaru, Buah Mistis yang Populer Jadi Topping Es Krim di Negara Maju

Di alam bumi ini ada banyak sekali buah-buahan. Saking banyaknya, ada yang sampai tidak diketahui namanya apa. Belum diidentifikasi oleh para ahli biologi. Masing-masing buah mengandung vitamin dan khasiat tersendiri.

Seperti buah yang dikenal dengan nama Dewandaru ini memiliki khasiat sangat aneh, luar biasa. Konon yang memakan buah ini bisa memiliki kemampuan supranatural seperti: kebal, layaknya para pemain debus. Mungkin ini sebabnya buah ini dinamakan Dewandaru. Jika mengacu pada asal muasal katanya, nampaknya Dewandaru ini bermakna: Wahyu Dewa.... Dewa artinya Dewa, sedangkan Ndaru itu berasal dari kata Andaru yang artinya wahyu atau mukjizat.



Buah Dewandaru ini tergolong buah tropis yang banyak tumbuh pula di Indonesia, umumnya kawasan hutan atau pedalaman hutan hujan tropis. Konon di Kepulauan Seribu sana juga termasuk lahan subur bagi tumbuhnya Dewandaru. Pohon Dewandaru dikenal pula oleh masyarakat lokal sana sebagai Ciremai Londo. Sedangkan nama latinnya Eugenia Uniflora.

Buah Dewandaru di masyarakat negara maju sana seperti Eropa dan Amerika dikenal pula. Tapi mereka sama sekali tidak mengaitkannya dengan hal-hal mistis sebagai buah ajaib yang mendatangkan wahyu kekuatan supranatural. Tidak pula pohon Dewandaru diagung-agungkan membawa berkah pesugihan seperti yang banyak beredar di masyarakat Indonesia, terutama Jawa.

Buah Dewandaru justru oleh para pengusaha es krim di negara maju dijadikan sebagai topping es krim. Maklum, buah ini rasanya sangat lezat dan digemari penduduk sana. Meskipun hanya jenis berry hutan yang sederhana dan jarang dijumpai dijual di toko, ternyata buah ini sangat berkelas di negara maju. Topping Dewandaru lebih diminati daripada memakai Topping Strawberry atau Kismis.

Tapi dimaklumi saja, kultur dan pola pikir antara masyarakat Jawa dengan Eropa tentunya beda. Jika Jawa masih apa-apa dikaitkan dengan animisme dan dinamisme, kalau di Eropa cenderung materialistik. Buah adalah buah. Dewandaru adalah Eugenia Uniflora. Buah Dewandaru bagi Jawa dianggap sakral dan sakti. Kalau di Eropa cuma dianggap buah kaya vitamin C dan menyegarkan. Sangat lezat dimakan bareng es krim.

1 komentar:

  1. Keren juga tuh buah, tpi knp masyarakat indonesia berpikirnya mitos mitos gtu? jaman kan dah modern, mendingan berpikir rasional aj deh

    BalasHapus

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram