Minggu, 02 Oktober 2016

Cerita Dibalik Keangkeran Gunung Wayang

Lombok, salah satu pulau di nusantara yang memiliki berjuta pesona alam yang sangat luar biasa. Bagaimana tidak, pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini memiliki berbagai pantai pasir putih yang sangat indah dan lautan yang biru bersih. Tak heran, banyak orang yang menjadikan Lombok sebagai salah satu destinasi wisata favoritnya. Bahkan pulau yang satu ini disebut-sebut sebagai tandingan utama pulau Bali yang juga terkenal hingga mancanegara.

Namum dibalik itu semua, Lombok ternyata juga menyimpan berbagai kisah misteri, salah satunya mengenai gunung Wayang. Gunung Wayang sebenarnya adalah salah satu bagian dari pulau Lombok yang juga menawarkan pemandangan indah tepat di bibir pantai pulau Lombok. Namun gunung ini justru ditetapkan sebagai area terlarang karena kisah mistis yang menyelimutinya.

Gunung Wayang
Suku Sasak yang merupakan suku asli pulau Lombok meyakini bahwa gunung Wayang adalah salah satu daerah yang tidak boleh dijamah oleh manusia. Bahkan saking angkernya, para pengunjung baik turis lokal maupun mancanegara dilarang untu mendekati gunung yang berbentuk kerucut tersebut.

Kabarnya, gunung Wayang adalah tempat paling keramat di pulau Lombok dan sama sekali tak boleh dikunjungi oleh manusia. Konon, jika ada yang mendekat atau bahkan mengunjungi gunung Wayang tanpa seizin dari pemangku adat, maka dia akan mengalami musibah yang sangat mengerikan dan berujung pada kematian. Menurut pemangku adat, dulu ada beberapa orang yang dikabarkan meninggal karena mengunjungi gunung Wayang tanpa seizin dari pemangku adat setempat.

Hal itu juga dibetulkan olah salah seorang pemandu wisata bernama Anaf. Ia mengatakan bahwa beberapa tahun yang lalu ada turis asing yang tidak percaya dengan keangkeran gunung Wayang. Meskipun sudah diperingatan, namun turis tersebut tetap mengunjungi gunung Wayang secara diam-diam pada saat malam hari. Pada pagi harinya, turis tersebut sempat dinyatakan hilang. Namun sang pemangku adat meyakini jika ia berada di gunung Wayang. Benar saja, saat didatangi oleh pemangku adat dan penjaga gunung Wayang, turis tersebut sudah meninggal terbujur kaku tepat di bibir pantai gunug Wayang.

Kematian misterius turis asing tersebut hanya salah satu dari banyaknya kisah misteri yang menyelimuti gunung Wayang.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram