Selasa, 04 Oktober 2016

Label:

Anehnya Permainan Tradisional "Bambu Gila" di Jailolo Maluku Utara, Kamu Bakal Kaget

Nama permainan tradisional ini adalah "Bambu Gila" karena memang bambu yang digunakan sebagai alatnya memiliki tingkah sangat gila, sampai bikin para pemainnya ikutan gila.  Permainan Bambu Gila adalah salah satu jenis permainan tradisional yang berkembang di wilayah Jailolo Maluku Utara.

Kegilaan dari Bambu ini adalah ketika dimainkan, maka bambunya akan menjadi sangat berat dan bergerak ke sana ke mari seakan mau kabur. Mengapa bambu ini bisa bergerak? Karena bambunya sudah dibacakan mantra oleh pawang sakti.



Bambu yang digunakan untuk permainan ini umumnya adalah jenis bambu hijau diameter agak besar. Yang memiliki ruas berjumlah ganjil, biasanya antara 5-7 ruas. Pemain Bambu Gila juga harus ganjil jumlahnya.

Ketika pawang berteriak membaca mantra, "Baramasuweng..." Para pemain akan menimpali, "Idadigougou..." yang artinya adalah terjadilah, jadi betulan...

Permainan Bambu Gila ini sering dianggap sebagai bualan saja. Tapi setelah orang yang tidak percaya ini mencobanya, maka mereka pasti menelan ludah sendiri karena ternyata Bambu Gila memang benar-benar mistis. Ada kekuatan gaib yang menggerakannya. Hingga bisa menjadi sangat berat dan bisa bergerak-gerak layaknya hidup.

Aturan main dalam permainan khas Jailolo ini adalah tim bermain harus memegang erat-erat si Bambu Gila, jangan sampai terlepas atau ada pemain yang tumbang (jatuh) terpental. Kalau ada satu pemain jatuh satu, biasanya yang lain akan ikut jatuh. Dan artinya mereka kalah melawan Bambu Gila.

Konon tidak pernah ada yang berhasil memenangkan permainan Bambu Gila ini. Semua pemain jatuh tak bersisa. Karena memang kata pawangnya, mustahil mengalahkan Bambu Gila. Percuma saja.

Meskipun demikian, permainan Bambu Gila masih menarik wisatawan ke Jailolo hingga sekarang. Para pemain tidak memikirkan kalah maupun menang. Mereka hanya memikirkan cara agar bisa merasakan mistis dan anehnya permainan tradisional Bambu Gila di Jailolo Maluku Utara. Meskipun permainan ini sangat berat menguras tenaga dan menyebabkan badan pegal-pegal setelahnya.

Maklum saja fisik para pemain drop. Namanya juga melawan kekuatan gaib yang dasyat, yang berasal dari mantra yang dibacakan pawang. Serta beberapa ritual lain, seperti membakar salah satu ujung bambu dan membakar ranting kemudian mengasapi bambu itu dengan rantingnya. Rasanya, Bambu Gila ini memang sakti.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram