Sabtu, 03 September 2016

Label:

7 Musik Klasik Instrumental Terangker dan Terseram Bila Didengarkan (BAGIAN 1)

Musik adalah bahasa jiwa. Memainkan getar-getar nada hati yang begitu dalam, lekat dengan sang penciptanya. Ada beragam aliran musik, tak pernah menggusur sama sekali kejayaan musik klasik Eropa. Ketika para musisinya berkarya dan manggung dari satu kerajaan ke kerajaan lain. Dari satu opera ke opera lain.

Kejayaan musik klasik menyorot banyak nama musisi hebat, yang dikenang sepanjang masa. Masing-masing musisi menghadirkan karya otentik. Karya asli hasil cipta, rasa, dan karsanya. Dan di antara alunan nada indah mereka. Tentu mengandung misteri yang merenyuhkan, tentang kisah pahit hidup atau kisah menyedihkan tentang orang lain di sekitar musisi itu.



Berikut adalah 7 musik klasik instrumental terangker dan terseram bila didengarkan. Entah mengapa bila mendengar ini, terbawa suasana hening, haru, dan magis. Dengan kemegahan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Hanya hati yang bisa menangkap getar keangkeran dan terseramnya.

1. Ave Maria by Franz Schubert

Ini adalah lagu terangker dan terseram di urutan pertama. Judulnya Ave Maria karya Franz Schubert. Terdengar seperti tangisan dan penderitaan yang sudah sangat lama. Hingga rasa sakit dan penderitaan seolah-olah dianggap biasa saja. Meski begitu, diri tidak pernah lupa akan perihnya. Selalu menghayati masa lalu, merenungkannya, dan sayangnya tidak bisa berbuat apa-apa, karena ini takdir Tuhan. Adalah takdir Ave alias Hawa dihukum turun ke Bumi. Dan adalah takdir bahwa Maria tidak bersuami, meskipun ia melahirkan anak.


2. Don Giovanni Overture K.527 by Wolfgang Amadeus Mozart

Mozart dianggap sebagai musisi paling jenius sepanjang masa. Karya-karyanya sangat fantastis. Dan semua karya adalah wakil segala macam jenis fenomena dan noumena yang dialami oleh manusia. Lagu Don Giovanni Overture K.527 ini entah mengapa terdengar seperti lagu dari langit yang tinggi sana. Langit yang tak terjamah fisik manusia. Tapi hati manusia bisa naik ke sana.

3. A Mighty Fortress is Our God by Johann Sebastian Bach

Entah mengapa Bach menggubah lagu semacam ini. Musik klasik intrumental berjudul A Mighty Fortress is Our Good bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Sebuah Benteng Perkasa Adalah Tuhan Kita. Lagu ini cukup gelap, materialistik, dan sekuler.

Bersambung pada artikel bagian ke-2.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram