Sabtu, 06 Agustus 2016

Label:

Menyeramkan, Ini Mumi-Mumi Berwujud Aneh di Jepang

Seakan tak pernah ada habisnya jika membahas Jepang, mulai dari kemajuan teknologi, anime, hingga berbagai hal yang berbau mistis. Selain itu, Jepang juga terkenal sebagai negara yang memiliki berbagai bentuk mumi dengan bentuk yang menyeramkan dan tak lazim. Mumi sendiri adalah suatu jasad makhluk hidup yang diawetkan melalui berbagai proses hingga bertahan sampai ratusan bahkan ribuan tahun.

Berbagai mumi dengan bentuk yang menyeramkan ini banyak disimpan di berbagai kuil Buddha yang terletak di Jepang. Salah satu bentuk mumi yang paling menyeramkan adalah mumi berwajah tiga. Orang Jepang menyebutnya dengan ‘Demmon Mummies’ atau Mumi Setan. Saat ini Mumi Setan disimpan di kuil Zengyoji, yang letaknya berada di kota Kanazawa, Jepang.

Konon, Mumi Setan memang sengaja disimpan di kuil yang tak lain adalah tempat suci bagi orang Buddha agar arwahnya tidak gentayangan dan mengganggu penduduk sekitar. Menurut legenda, Mumi Setan ditemukan pada awal abad ke-18 didalam gudang kuil Zengyoji. Pada saat itu temuan tersebut membuat para pendeta dan warga sekitar geger, karena tidak ada yang mengetahui darimana asal mumi tersebut dan bagaimana bisa berada didalam sebuah gudang.

Mumi Setan ini memiliki dua kepala yang saling tumpang tindih dibagian muka, dan kepala satunya lagi berada di bagian belakang. Mumi Setan ini hanya akan dipajang oleh pengelola kuil pada saat musim semi disetiap tahunnya.

Mumi di Kuil Zengyoji, Jepang
Mumi Setan lainnya juga ditemukan di kuil Daijoin yang terletak di Prefektur Oita, atau yang lebih tepatnya berada di kota Usa. Konon, mumi yang satu ini adalah pusaka sebuah keluarga, namun keluarga tersebut secara terus menerus mengalami musibah yang diduga disebabkan oleh mumi tersebut. Oleh sebab itu, Mumi Setan ini diserahkan ke kuil Daijoin sekitar tahun 1925.

Konon, Mumi Setan yang satu ini sempat beberapa kali berganti kepemilikan. Namun musibah selalu menimpa pemilik beserta keluarganya, hal inilah yang menyebabkan pemilik terakhir menyerahkannya ke kuil Daijoin. Di kuil ini sendiri mumi tersebut dijaga sangat ketat dan hanya diperlihatkan ke masyarakat umum pada waktu-waktu tertentu saja.

Mumi di Kuil Daijoin
Selain kedua Mumi Setan tersebut, masih banyak mumi berbentuk aneh yang ditemukan di Jepang. Sebagian ada yang disimpan didalam kuil dan sebagian lagi disimpan didalam museum.


Mumi di  Matsuura Brewery
Mumi di National Museum of Ethnology, Belanda
Mumi di Musem Hachinose 
Mumi di National Museum of Ethnology, Belanda

Mumi di Kuil Zuiyuji, Osaka, Jepang

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram