Selasa, 09 Agustus 2016

Label:

Mengenal Lebih Dekat Legenda Sundel Bolong

Hantu Sundel Bolong sebenarnya bukan berasal dari Indonesia, namun berasal dari negara tetangga, Malaysia. Namun orang Malaysia lebih sering menyebutnya sebaga Sundal Bolong. Banyak orang yang menilai jika Sundel Bolong dan Kuntilanak adalah sama, karena kedua hantu tersebut sama-sama menyerupai sosok wanita cantik, berambut panjang, dan mengenakan gaun berwarna putih. Namun sebenarnya kedua sosok hantu tersebut berbeda, yang membedakan hanyalah bagian punggung hantu Sundel Bolong yang berlubang dan terlihat organ dalamnya yang dipenuhi dengan belatung.

Arti kata ‘Sundel Bolong’ sendiri diambil dari bahasa Indonesia dan Jawa. Sundel atau sundal dalam bahasa Indonesia berarti wanita jalang atau pelacur, sementara kata bolong diambil dari bahasa Jawa yang berarti berlubang. Jadi arti dari Sundel Bolong adalah wanita jalang yang punggungnya berlubang.

Ilustrasi Hantu SUndel Bolong
Menurut urban legend yang beredar di masyarakat, asal usul hantu Sundel Bolong berasal dari seorang wanita cantik yang tewas setelah diperkosa oleh sekelompok pria. Kemudian wanita tersebut hamil dan melahirkan didalam tempat peristirahatannya yang terakhir. Konon, si wanita cantik tersebut melahirkan anaknya melalui punggung sehingga menyebabkan punggungnya berlubang.

Menurut legenda, si Sundel Bolong sebenarnya sangat malu dengan lubang yang berada di punggungnya, terlebih lubang tersebut dipenuhi dengan belatung. Oleh sebab itu, Sundel Bolong selalu berusaha menutupi lubang yang berada di punggungnya dengan rambut panjang yang ia miliki. Konon, hantu Sundel Bolong suka memakan ari-ari bayi yang baru saja dilahirkan.

Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, hantu Sundel Bolong sering menampakkan wujudnya pada malam hari. Ia pun bisa menyamar sebagai wanita cantik yang suka berjalan seorang diri ditempat yang gelap dan sepi. Mungkin mitos ini berkembang agar para wanita tidak keluar rumah pada malam hari untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya tindakan pemerkosaan.

Perwujudan Sundel Bolong sangat kuat digambarkan dalam film horor Indonesia produksi tahun 1980’an yang dibintangi oleh ratu horor Indonesia, yakni Alm. Susana. Sebenarnya tak sedikit film horor Indonesia yang menggunakan hantu Sundel Bolong sebagai pokok cerita. Namun film yang dianggap mempopulerkan Sundel Bolong adalah film Sundelbolong tahun 1981 garapan Rapi Film yang disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra dan dibintangi oleh Alm. Susana.

Cover Film Sundelbolong Tahun 1981

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram