Jumat, 12 Agustus 2016

Label:

Kisah Mistis Gunung Arjuno

Jawa Timur adalah salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki banyak gunung, mulai dari gunung Bromo, Semeru, hingga gunung Arjuno. Namun siapa sangka, jika gunung Arjuno yang terletak di antara kabupaten Malang dan Pasuruan ini menyimpan banyak cerita mistis. Konon, sejak jaman kerajaan Majapahit sampai Singosari, gunung yang memiliki empat jalur pendakian ini dipercaya sering menjadi tempat menyepi atau pemujaan. Maka tak heran, jika di Gunung Arjuno banyak ditemukan bekas peninggalan jaman kerajaan, seperti Candi Telih dan beberapa tempat petilasan.

Gunung Arjuno
Ritual yang banyak dilakukan di gunung setinggi 3.339 mdpl tersebut membuat Gunung Arjuno banyak diselimuti oleh cerita mistis yang mengandung banyak misteri. Tak hanya dirasakan oleh warga setempat, namun kejadian mistis juga banyak dialami oleh para pendaki Gunung Arjuno. Berikut adalah beberapa kisah 
mistis yang beredar mengenai Gunung Arjuno.

1. Ngunduh Mantu
Salah Satu Jalur Pendakian Gunung Arjuno
Dalam bahasa Indonesia, ngunduh mantu berarti proses pernikahan. Di Gunung Arjuno, kabarnya sering terdengar suara alunan alat musik gamelan atau gending Jawa yang mirip dengan proses pernikahan adat Jawa. Konon, jika pendaki mendengar suara tersebut maka lebih baik mereka tak meneruskan perjalanan. Apablia tetap nekat, maka pendaki tersebut akan tersesat ketika hendak menuruni Gunung Arjuno. Karena menurut mitos yang beredar, munculnya suara tersebut menandakan bahwa makhluk penunggu Gunung Arjuno sedang melakukan ritual.

2. Alas Lali Jiwo
Alas Lali Jiwo
Alas Lali Jiwo dalam bahas Indonesia berarti hutan yang lupa diri. Karena saat melewati hutan ini para pendaki tidak boleh memiliki niatan yang jahat. Mereka tidak boleh sombong dengan merasa paling kuat diantara para pendaki yang lainnya. Banyak pendaki tersesat yang ditemukan mengaku bahwa mereka melewati hutan ini dengan keadan yang sangat gelap dan hutan tersebut banyak ditumbuhi oleh pepohonan besar, sehingga menyulitkan mereka untuk menemukan arah. Kabarnya, mereka yang tersesat memang memiliki niat yang kurang baik saat mendaki Gunung Arjuno.

3. Pasar Setan
Sabana Gunung Arjuno
Menurut mitos, pasar setan ini terletak di sabana Gunung Arjuno yang sangat luas. Menurut penuturan warga sekitar, jika terdengar suara berisik pada sore jelang malam hari berarti itu menandakan bahwa pasar setan sedang dimulai. Menurut cerita, ada seorang pendaki yang pernah membeli jaket di pasar setan tersebut. Namun tak berselang beberapa lama setelah ia memakai jaket tersebut ia dikabarkan tewas dengan cara yang misterius.

4. Petilasan
Salah Satu Petilasan yang Ada di Gunung Arjuno
Karena pada jaman kerajaan dulu sering dipakai sebagai tempat petilasan, maka tak heran jika Gunung Arjuno memiliki banyak tempat petilasan seperti petilasan Eyang Abiyasa, Eyang Sekutrem, Eyang Antaboga, dan Eyang Semar. Banyak yang meyakini jika petilasan tersebut memiliki penunggu setia. Oleh sebab itu, banyak para pendaki yang mengaku merinding saat mengunjungi petilasan tersebut.

5.Arjuna
Arjuna Dalam Pewayangan
Yang terakhir tentu saja adalah Arjuno, tokoh pewayangan yang dijadikan nama gunung. Menurut kepercayaan, dulunya gunung ini sering menjadi tempat singgah Arjuna untuk melakukan pertapaan. Oleh sebab itu gunung ini diberi nama Gunung Arjuno atau Gunung Arjuna.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram