Rabu, 10 Agustus 2016

Label:

7 Film Horor Indonesia Terseram

Indonesia sangat terkenal dengan genre film horor, namun tak banyak film horor yang benar-benar berkualitas dan mampu membuat penonton berteriak ketakutan. Terlebih film bergenre horor yang dirilis dalam sepuluh tahun terakhir, dimana film-film tersebut lebih mengarah ke konten dewasa dan komedi. Tak heran para penonton justru dibuat terbuai dan tertawa saat melihat film-film tersebut.

Dalam sejarah perfilman Indonesia hanya ada beberapa film bergenre horor yang benar-benar berkualitas dan menyeramkan. Setidaknya ada tujuh film horor Indonesia yang sukses membuat penonton berteriak histeris karena ketakutan, berikut ketujuh film tersebut.

1.      1. Pengabdian Setan (1980)

Cover Film Pengabian Setan (1980)
Film Pengabdian Setan yang diproduksi pada tahun 1981 ini pantas dinobatkan sebagai film horor Indonesia terseram sepanjang sejarah. Terlebih lagi sutradar film ini adalah Sisworo Gautama Putra yang sangat terkenal dengan film-filmnya yang bergenre horor. Film ini pantas dinobatkan sebagai film horor terbaik karena ditulis langsung oleh Imam Tantowi yang sangat jenius dalam menciptakan karakter dan adegan didalamnya. Selain itu, dalam film ini juga terdapat pesan moral dan agama yang begitu kuat.

Dalam film ini dimunculkan tiga sosok hantu yang dibangkitkan dari kubur oleh salah seorang dukun jahat. Ketiga hantu tersebut diperintahkan untuk membunuh satu keluarga yang tak pernah menjalankan ibadah sekaligus memiliki kepribadian yang buruk. Ketiga hantu tersebut terlihat sangat menyeramkan, dan sangat berbeda dengan sosok hantu yang banyak diperankan oleh Suzanna. Terlebih lagi salah satu pemeran sosok hantu tersebut adalah Him Damsyik yang sangat piawai menjalankan karakternya.

2.      2. Dendam Jumat Kliwon (1987)

Cover Film Dendam Jumat Kliwon (1987)
Selanjutnya ada film horor berjudul Dendam Jumat Kliwon yang diproduksi pada tahun 1987 oleh sutradara terkenal sekaligus peraih piala Citra, Lilik Sudjio. Film ini sendiri dibintangi oleh artis-artis papan atas kala itu, seperti Arthur Tobing dan Joice Erna yang juga berperan sebagai hantu.

Film ini bercerita tentang dendam pasangan suami istri yang tewas terbunuh dalam sebuah perampokan. Karena tidak terima, mereka kemudian berusaha membalas dendam dengan menjadi hantu yang sangat kejam. Satu persatu perampok yang membunuh mereka tewas dengan cara yang mengerikan, begitu juga dengan keluarga para perampok tersebut.

3.      3. Kafir (2002)

Cover Film Kafir (2002)
Film ini dirilis pada tahun 2002 dan disutradarai oleh Mardali Syarief. Selain terkenal akan keseramannya, film Kafir juga terkenal karena para pemainnya merupakan jajaran artis papan atas, sebut saja Meriam Bellina yang sukses menyabet empat piala Citra serta seniman besar, Sudjiwotedjo.

Film ini bercerita tentang seorang dukun sakti yang tinggal disebuah tempat terpencil di daerah Jawa Barat. Dukun tersebut tewas setelah gagal memperkuat ilmu hitamnya dan terkena santet. Setelah meninggal, warga desa menolak jenazahnya untuk dikebumikan di pemakanan desa mereka. Jenazah sang dukun akhirnya dikubur didekat rumahnya sendiri, namun pada suatu malam jenazah sang dukun bangkit untuk menemui istrinya karena tak diterima oleh bumi.

4.      4. Pocong 2 (2006)

Cover Film Pocong 2 (2006)
Film Pocong 2 ini dirilis pada tahun 2006 dan disutradari oleh sutradara peraih piala Citra, Rudi Soedjarwo. Film ini dibintangi oleh artis-artis beken seperti Revalina S. Temat, Ringgo Agus Rahman, Risty Tagor, dan Dwi Sasono. Film ini mengangkat sebuah kisah yang sangat klasik mengenai kemunculan pocong yang dapat diartikan sebagai pertanda malapetaka bagi orang yang melihatnya.

Film Pocong 2 berkisah tentang dua kakak beradik yatim piatu, dimana mereka pindah kebuah apartemen misterius yang sangat sepi. Pada apartemen itulah mereka banyak mengalami hal-hal ganjil, termasuk sering melihat penampakan pocong. Sampai akhirnya, misteri tentang peristiwa pembantaian satu keluarga dengan cara dibakar terungkap. Dimana sebenarnya apartemen yang mereka tempati tersebut hanyalah sebuah ilusi, karena sebenarnya apartemen tersebut hanyalah hutan belantara tempat dikuburnya keluarga tersebut.

5.      5. Kuntilanak 1 (2006)

Cover Film Kuntilanak 1 (2006)
Film Kuntilanak 1 yang dirilis pada tahun 2006 ini menjadi sangat menyeramkan setelah sutradaranya, Rizal Mantovani berhasil menciptakan sosok kuntilanak yang begitu menyeramkan. Terlebih dalam film tersebut sering diperdengarkan mantra durmo berjudul Lingsir Wengi yang dipercaya sebagai pemanggil kuntilanak.

Film ini bercerita tentang seorang gadis yatim piatu yang tinggal disebuah rumah kos yang dimiliki oleh sebuah keluarga penganut pesugihan yang melibatkan kuntilanak. Tak disangka, gadis tersebut sebenarnya satu garis keturunan dengan pemilik kos tersebut, dan ia menjadi pewaris terakhir yang meneruskan bakat tembang durmo untuk memanggil kuntilanak. Siapapun yang dibenci oleh gadis tersebut pasti akan meninggal dibunuh oleh kuntilanak apabila si gadis menyanyikan tembang durmo tepat dihadapan orang yang dibencinya. Namun bakat tersebut justru menjadi malapetaka bagi si gadis.

6.      6. Makhluk dari Kubur (1991)

Cover Film Makhluk dari Kubur (1991)
Makhluk dari Kubur ini adalah film garapan sutradara SA Karim yang dirilis pada tahun 1991. Yang membuat film ini begitu seram adalah sosok hantu dan suasana pedesaan yang ada didalam film tersebut.

Film ini berkisah tentang seorang laki-laki yang dibunuh oleh warga sat menjadi babi ngepet. Anak dan istrinya juga diusir dari desa tersebut. Arwah laki-laki tersebut akhirnya tidak tenang dan bergentayangan untuk membunuh para warga yang telah menghabisinya dan mengusir anak serta istrinya.

7.      7. Jelangkung (2001)

Cover Film Jelangkung (2001)
Jelangkung adalah film garapan sutradara Rizal Mantovani dan Jose Poernomo dan diproduksi pada tahun 2001. Film ini menjadi sangat berkualitas karena sosok hantu yang ada dalam film ini tidak terlalu sering dimunculkan, hanya pada saat momen yang pas. Hantu yang ada dalam film ini juga tak seperti hantu pada film horor lainnya, namun hanya berupa bayangan ataupun suara-suara ganjil.


Film ini berkisah tentang sekumpulan anak muda yang nekat mendatangi sebuah desa yang terkenal akan keangkerannya. Tak disangka, pada desa tersebut salah satu diantara mereka ada yang bermain Jailangkung. Saat kembali ke Jakarta mereka pun diikuti oleh arwah Jailangkung tersebut. Karena lelah terus diteror, mereka pun memutuskan untuk kembali ke desa tersebut dan mencabut Jailangkung yang telah ditancapkan pada sebuah makam. Namun pada saat mereka kembali Jailangkung tersebut hilang dan satu persatu mereka tewas dengan cara yang tragis.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram