Sabtu, 16 Juli 2016

Label:

Ternyata Pulau Jawa Punya Pusar Gaib di Gunung Srandil Cilacap Jawa Tengah

Jangan dikira hanya manusia saja yang memiliki pusar. Ternyata pulau juga memiliki pusar. Seperti Pulau Jawa yang konon memiliki pusar gaib yang terletak di Gunung Srandil, Cilacap, Jawa Tengah. Maksud dari pusar di sini, bukan berarti Pulau Jawa seperti manusia, yang punya organ tubuh berbentuk cekung bulat di perutnya. Melainkan maksudnya adalah pulau Jawa memiliki sebuah titik yang dalam wacana energi supranatural disebut sebagai pusar.

Tahukah apa itu pusar menurut konteks supranatural? Pusar adalah pusat dari tenaga kanuragan. Pusar menjembatani ilmu kekuatan raga dengan ilmu kekuatan batin. Jika pada tubuh manusia, pusar merupakan tempat bersemayamnya tantien, yang merupakan sebuah bola energi psikis yang sangat dahsyat, yang bila diolah dapat menyebabkan seseorang memiliki kekuatan raga dan batin yang terkenal sebagai ilmu kanuragan.

Kita bisa melihat praktek pengolahan energi pusar manusia dalam beladiri-beladiri tenaga dalam, di mana para murid perguruan silat tenaga dalam biasanya diajari pernafasan tantien ini. Agar mereka bisa memperoleh ilmu kebal dan ilmu kuat yang kadang tidak masuk akal. Misalnya mampu mematahkan besi hanya dengan pukulan tangan. Atau seperti fakir magician Limbad, mampu disetrum dan dikubur hidup-hidup.

Semua kekuatan aneh itu merupakan pewujudan dari energi pusar yang hidup. Sama saja bila kita melihat Pulau Jawa. Sebagai sebuah pulau yang besar dan penting di Indonesia, ternyata di balik segala hiruk-pikuk duniawinya Pulau Jawa juga menyimpan kosmologi tersendiri, mengenai eksistensi energi-energi gaib yang signifikan.

 Pulau Jawa ternyata memiliki pusar juga, sebagaimana manusia. Tantien yang hebat itu juga ada di pulau berjuluk Pulau Padi ini. Hanya saja, tantien-nya pulau Jawa hanya menggambarkan sebuah tempat persinggungan antara energi badaniyah dengan energi ruhaniyah. Antara entitas materi dengan entitas spirit.

Tempat atau lokasi yang disebut sebagai pusar ini sifatnya gaib, namun secara fisik tampak sebagai sebuah gunung kecil yang berlokasi di daerah Cilacap Jawa Tengah. Gunung ini bernama Gunung Srandil.




Faktanya, Gunung Srandil memanglah sebuah tantien yang mempertemukan energi material dengan energi spiritual. Bahwa di sana, terjadi ritus kanuragan yang luar biasa besar. Orang berbondong-bondong ke Gunung Srandil untuk melakukan ritus penyembahan terhadap penguasa-penguasa gaib Pulau Jawa melalui altar dan gerbang gaib yang konon ada di Gunung Srandil.

Faktanya, Gunung Srandil terkenal sebagai lokasi dari praktek pesugihan yang paling tenar. Orang ramai-ramai datang ke sana untuk bertapa minta kekayaan pada para penguasa gaib Pulau Jawa. Mereka menjalani berbagai ritual yang dipercaya mampu mendatangkan kekayaan.

Dan fakta terakhir yang semakin meyakinkan bahwa memang Gunung Srandil adalah puser atau pusarnya Jawa ini adalah karena masyarakat benar-benar menganggap ritus Gunung Srandil sebagai sebuah tirakat. Ada upaya penggemlengan diri di sana, sebagaimana ketika seorang murid perguruan silat menggembleng diri dalam meditasi tantien untuk mendapatkan ilmu kanuragan.

Ada keunikan di Gunung Srandil, bahwa di balik segala aktivitas hitam, gelap, misterius dan magis tentang pesugihan di sana. Ternyata ada segelintir masyarakat Jawa yang menapaki jalan lebih putih dan terang. Mereka adalah para penghayat kepercayaan Wayah Kaki.

Para penganut kepercayaan Wayah Kaki itu sama dengan para pencari pesugihan, mereka menggunakan Gunung Srandil sebagai tempat penyembahan. Namun yang disembah diagung-agungkan konon adalah Tuhan yang Maha Esa, yang telah menurunkan seorang pahlawan suci bernama Mbah Semar. Bagi yang tidak tahu Mbah Semar, beliau adalah salah satu tokoh dalam pewayangan Jawa.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram