Jumat, 22 Juli 2016

Label:

Misteri 7 Sumur Gunung Ciremai

Sumur tujuh Gunung Ciremai terletak di desa Pesawahan, kecamatan Pesawahan, kabupaten Kuningan Jawa Barat. Sumur ini dibangun oleh para wali songo di masa lampau. Dari ketiga wali songo, yang berhasil membuat sumur di Gunung Ciremai hanya 7 wali, sisanya yang dua tidak berhasil, yaitu: Sunan Kalijaga dan Sunan Gunung Jati.




Sumur tujuh dibangun sebagai tempat mengambil air wudhu. Karena di masa lampau, ketika para wali songo sedang melakukan musyawarah di Gunung Ciremai, di sana ternyata tidak ada air. Para wali pun berinisiatif membangun sumur agar aktivitas syiar Islam mereka di Kuningan dan Cirebon jadi lancar.

Oleh karena debit air melimpah dan meluap. Akhirnya wali songo membangun dua kolam penampung bagi tujuh sumur. Kolam tersebut dinamai Kolam Kambang dan Kolam Ambit. Bentuk Kolam Kambang mirip dengan tokoh pewayangan Semar. Sedangkan Kolam Ambit mirip dengan tokoh pewayangan Togog.

Adapun nama-nama ketujuh sumur di atas adalah sebagai berikut:
  1. Sumur Cigoong: sumur ini konon memiliki faedah sebagai sumur yang bisa mendatangkan keagungan. Oleh karena itu biasanya para peziarah akan datang ke sana meminta keagungan.
  2. Sumur Cigandasoli: sumur ini konon memiliki faedah sebagai sumur yang bisa mendatangkan kemuliaan. Sehingga biasanya para peziarah datang meminta ke sana meminta kemuliaan.
  3. Sumur Cigambuh: sumur ini konon memiliki faedah sebagai sumur yang bisa mendatangkan derajat atau posisi yang tinggi. Oleh karena itu banyak peziarah datang ke Cigambuh meminta jabatan.
  4. Sumur Cipasar: sumur ini konon memiliki faedah sebagai sumber keselamatan hidup. Maka dari iru banyak peziarah datang ke sana meminta keselamatan.
  5. Sumur Cibarerang: sumur ini konon memiliki faedah sebagai sumber dari kecantikan. Makanya peziarah yang datang selalu saja meminta kecantikan, terutama kaum perempuan.
  6. Sumur Cimulud: sumur ini sama dengan sumur yang lainnya. Namun di sini dapat mendatangkan kejayaan hidup.
  7. Sumur Ciwelut: sumur yang terakhir ini memiliki faedah sebagai sumber kemuliaan.
Begitulah penjelasan mengenai misteri tujuh sumur di Gunung Ciremai. Apabila anda sedang berada di kawasan Gunung Ciremai silahkan saja datangi sumur-sumur tersebut. Semoga saja memang ketujuh sumur bisa mendatangkan faedah. Meski begitu, tetaplah percaya bahwa hanya Tuhan yang bisa mewujudkan semua itu. Karena dahulu para wali membuatnya untuk memudahkan sholat, bukannya untuk ritual pesugihan, seperti yang terjadi di masa sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram