Kamis, 21 Juli 2016

Label:

Empat Kisah Mistis Tentang Gunung Bromo

Objek wisata alam Gunung Bromo yang terletak di Kabupaten, Probolinggo, Jawa Timur ini ternyata tak hanya menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Namun Gung Bromo juga menyimpan sejuta cerita mistis yang tak mampu diterima oleh nalar.

Gunung Bromo juga dianggap sebagai gunung suci oleh masyarakat Tungger yang mendiami area sekitar gunung. Tak hanya itu, masyarakat sekitar juga banyak yang meyakini jika satu dari tiga gunung terbaik di dunia itu sebagai tempat persinggahan dewa saat turun ke bumi. Selain itu masih ada banyak cerita mistis yang menyelimuti gunung nan indah tersebut, dan berikut ini empat kisah mistis tentang Gung Bromo yang begitu populer.

  • Legenda Akar Gaib


Kisah ini menjadi kisah mistis yang paling terkenal di Gunung Bromo. Menurut ahli spiritual, akar gaib ini melintang tepat ditengah lautan pasir Gunung Bromo. Namun akar ini sangat sulit untuk terlihat, hanya orang-orang tertentu saja yang mampu melihat akar gaib tersebut. Bahkan tak semua orang yang memiliki kemampuan melihat hal gaib bisa melihat akar gaib yang satu ini.

Menurut cerita warga sekitar, banyak orang yang hilang tanpa jejak disekitar Gunung Bromo karena mereka memiliki niat yang buruk dan tak menghargai penunggu Gunung Bromo. Hilangnya orang-orang tersebut juga tak lepas dari keberadaan akar gaib.

  • Misteri Pasir Hisap


Misteri tentang pasir hisap juga tak kalah popular dibandingkan dengan akar gaib. Konon pasir hisap berada di padang savana Gunung Bromo, dan sewaktu-waktu bisa menghisap seseorang sampai kebawah tanah. Oleh sebab itu, jika tak mengenal benar daerah tersebut, lebih baik anda bertanya langsung kepada warga sekitar atau juru kunci gunung.

Selain itu, banyak juga yang meyakini jika pasir hisap adalah tempat Roro Anteng melahirkan buah hatinya. Meskipun saat itu rahimnya tak dibuahi oleh sang suami, Joko Seger.

  • Benda Pusaka Peninggala Dewa
Banyak warga sekitar yang meyakini jika Gunung Bromo menyimpan banyak benda pusaka peninggalakn Kerajaan Majapahit. Benda pusaka itu juga diyakini milik para dewa yang dipinjamkan ke prajurit Majapahit untuk berperang. Oleh sebab itu, jika berkunjung ke Gunung Bromo lebih baik anda menjaga sikap agar perjalanan wisata anda berjalan lancar tanpa adanya halangan.

  • Pembangunan Istana Raksasa


Ada juga kisah mistis mengenai pembangunan istana raksasa yanhg dilakukan oleh Ki Bromo yang tak lain adalah penunggu Gunung Bromo. Warga sekitar meyakini ketika Gunung Bromo mengalami erupsi hal itu berarti menandakan bahwa Ki Bromo sedang melanjutkan pembanungan istana yang sangat megah, dimana istana tersebut memiliki 18 tingkat.

Hal ini memang tak masuk akal, namun warga Tengger meyakini kebenaran kisah tersebut. Bahkan mereka juga meyakini jika Ki Bromo meminta persembahan berupa hasil palawija untuk bisa melanjutkan pembangunan istana tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram