Sabtu, 30 Juli 2016

Label:

5 Pembantaian Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah

Sejarah manusia tak lepas dari yang namanya kemenangan dan kekalahan, keberhasilan dan kegagalan, maupun cinta dan perang. Berbicara mengenai perang, pastinya tak akan lepas dari yang namanya pembantaian. Pembantaian sendiri berarti sebuah pembunuhan massal yang dilakukan oleh sekelompok manusia dengan tujuan memusnahkan kelompok tertentu. Sepanjang sejarah terdapat banyak pembantaian manusia, baik itu pembantaian besar maupun kecil. Berikut ini adalah 5 pembantaian manusia terbesar sepanjang sejarah.

1      1. Holocaust

Jasad Korban Pembantaian Holocaust
Holocaust adalah sebuah pembantaian massal yang dilakukan oleh NAZI yang dipimpin oleh diktator terkejam sepanjang sejarah, Adolf Hitler. Hitler yang saat itu memimpin Jerman di Perang Dunia ke-2 menugaskan anak buahnya untuk membunuh kaum Yahudi, homoseksual, gipsi, dan semua kelompok yang tak sejalan dengan NAZI. Pada saat itu kaum Yahudi dianggap sebagai kaum terendah, sehingga Hitler berusaha untuk memusnahkan kaum Yahudi dari muka bumi. Maka tak heran jika korban Pembantaian Holocaust sebagian besar adalah kaum Yahudi.

Camp Konsentrasi Auschwitz
Pembantaian Holocaust diperkirakan telah merenggut jutaan nyawa orang yang tak berdosa. Pembantaian Holocaust sendiri dilakukan dengan cara mengumpulkan para tahanan dalam sebuah camp konsentrasi di Auschwitz, Polandia sebelum akhirnya mereka ditaruh dalam sebuah ruangan tertututp dan diberi gas berancun. Para tahanan yang tewas kabarnya langsung dibakar olah para NAZI.  

     2. Pembantaian Nanking

Foto Korban Pembantaian Nanking
Pembantaian Nanking juga dikenal dengan sebutan Rape of Nanking, dimana ratusan ribu penduduk sipil yang tak berdosa secara brutal diperkosa dan dibunuh disebuah kota yang bernama Nanking. Pada saat itu Nanking adalah ibukota dari Republik Rakyat China.

Pembantaian keji tersebut berlangsung selama enam minggu. Kejadian itu dimulai saat para prajurit Angkatan Darat Kekaisaran Jepang mulai masuk dan menginvasi kota Nanking  Pembantaian Nanking juga disebut sebagai pembantaian terburuk dalam sejarah manusia, karena 80 ribu lebih penduduk sipil terutama wanita diperkosa, disiksa, dan dibunuh secara brutal hanya dalam waktu enam minggu.

3.      3. Babi Yar Massacre

Jurang Babi Yar
Pembantaian Babi Yar terjadi pada tahun 1941. Saat itu lebih dari 33 ribu warga Yahudi tewas dalam sebuah operasi tunggal yang dipimpin oleh Mayor Jenderal Friedrich Eberhardt selaku gubernur militer dan Komandan Otto Rasch. Operasi tersebut dilakukan oleh beberapa pasukan gabungan seperti SD, SS, dan SiPo. Babi Yar sendiri adalah jurang yang berada didekat ibu kota Ukraina, Kiev.

4.      4. Pembantaian Tawanan NKVD

Proses Eksekusi Tawanan NKVD
Pembantaian tawanan NKVD yang biasa disebut dengan pembantaian narapidana adalah sebuah pembantaian massal yang dilakukan terhadap para tawanan NKVD dinegara baltik seperti Polandia, Ukraina, dan Rumania.

Jumlah korban tewas dari pembantaian ini ditaksir lebih dari 22.000 orang. Namun tidak semua tahanan NKVD tewas terbunuh, karena ada beberapa tahanan yang berhasil melarikan diri sebelum hari pembantaian tiba.

      5. Pembantaian Katyn


Jasad Korban Pembantaian Katyn
Pembantaian yang satu ini juga sering dikenal sebagai Pembantaian Katyn Forest Massacre. Karena pada saat itu ribuan tawanan perang Polandia, kalum intelektual, perwira militer, dan polisii dibawa ke Hutan Katyn, Rusia sebelum akhirnya secara bersamaan dibantai oleh NKVD Polandia. Jumlah korban tewas dari pembantaian ini diperkirakan lebih dari 21 ribu orang.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram