Selasa, 03 November 2015

Label:

Cindaku, Misteri Kisah Nyata Manusia Harimau

Kisah Sinetron 7 Manusia Harimau sebenarnya terinspirasi dari Legenda Cindaku. Cindaku adalah urban legend manusia harimau asal Kerinci, Jambi, Sumatera. Cindaku dapat berubah wujud menjadi setengah manusia dan setengah harimau. Menurut cerita rakyat yang beredar Cindaku adalah ilmu yang merupakan warisan dari nenek moyang. Konon yang dapat berubah menjadi manusia harimau adalah orang yang memiliki darah murni dan memiliki ilmu spiritual.

Para manusia harimau tersebut hanya dapat berubah ketika berada di tanah kelahirannya sendiri. Ritual untuk berubahnya adalah dengan menyentuhkan dada ke tanah. Sekilas legenda ini mirip seperti sebuah ilmu gaib atau ilmu hitam. Tapi menurut masyarakat Kerinci cindaku merupakan sebuah ilmu yang diturunkan untuk menjaga batas hidup antara manusia dan harimau.

Legenda manusia harimau sebenarnya berawal dari seorang nenek moyang yang bernama Tingkas. Tingkas merupakan nenek moyang yang dulu pernah menjalin hubungan dengan harimau. Tujuannya untuk menjaga hubungan baik antara kelompok manusia dan kelompok harimau. Cindaku dipercaya berperan penting untuk menjaga hubungan itu, apabila ada yang melanggar, maka mereka harus berhadapan dengan kematian.


Menurut seorang pemangku adat, memang tidak semua masyarakat Kerinci adalah Cindaku. Hanya orang-orang terpilihlah yang dapat memiliki kekuatan Cindaku. Bahkan sebenarnya mereka yang memiliki ilmu legendaris tersebut juga tidak bisa mengendalikan kekuatan Cindaku dengan sebebasnya. Cindaku akan berubah menjadi manusia harimau ketika ada orang yang melanggar perjanjian mereka.

1 komentar:

  1. wah misterinya menarik juga ya gan , terimakasih informasinya ..

    BalasHapus

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram