Minggu, 01 November 2015

Label:

Ada Apa Dengan Misteri Malam Jumat?

Malam jumat sering dipercaya orang-orang sebagai malam munculnya hantu. Mengapa malam jumat sampai dianggap "angker" dan horor? Apakah pernah terjadi sesuatu yang mistis dan berhubungan dengan setan pada malam jumat?

Sebenarnya kisah malam jumat dianggap horor ini karena mengikuti tradisi Jawa yang menganggap malam jumat kliwon dan selasa kliwon sebagai hari yang mistis dan dianggap keramat. Tradisi puasa selama 40 hari biasa dilakukan oleh warga Jogja dimana puncaknya terjadi pada hari Jumat Kliwon. Pada hari-hari tersebut biasanya ditaruh berbagai sesajen di berbagai tempat sakral.

Selain dari tradisi dari Jawa tersebut, ternyata kepercayaan dari luar negeri pun mempengaruhi pandangan tentang cerita di malam Jumat. Mitos Friday the 13th merupakan hal sering terdengar di Eropa. Menurut kepercayaan di Eropa sana, hari jumat tanggal 13 di bulan apapun merupakan hari yang pembawa sial dan menyimpan kisah mistis.


Mungkin karena kedua tradisi tersebut (Jawa & Eropa) malam jumat sering diidentikan sebagai malam angker bagi kebanyakan orang-orang. Hingga kini malam jumat dipercatya merupakan malam munculnya hantu yang membuat malam jumat menjadi sangat horor.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram