Sabtu, 24 Oktober 2015

Label:

Zashiki Warashi, Hantu Keberuntungan dari Jepang

Zashiki Warashi diambil dari istilah nama lantai tatami 'Zashiki' dan 'Warashi'. Istilah lain untuk menyebut 'bocah'. Secara keseluruhan artinya adalah 'Bocah di dalam ruangan'.

Wujudnya menyerupai hantu anak kecil yang senang berada di rumah. Pada dasarnya Zashiki Warashi adalah youkai yang senang bermain. Ia senang berlarian, memainkan barang, membunyikan alat musik, dan sebagainya.

Zashiki Warashi bukanlah youkai yang agresif. Dari segi fisik dan perilaku, sama seperti anak manusia dan tidak berbahaya.

Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, kedatangan Zashiki Warashi ke dalam sebuah keluarga merupakan pertanda bahwa keluarga tersebut adalah keluarga makmur yang sejahtera. Kehadirannya membawa pesan tersirat bahwa youkai ini sebenarnya membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari siapapun yang bersedia menjadi 'orang tua asuh'nya.

Ketika Zashiki Warashi diperbolehkan menumpang, ia akan memancarkan aura keberuntungan yang berlipat ganda sebagai bukti balas budinya. Namun jika Zashiki Warashi diusir, maka seluruh anggota keluarga akan medapat masalah. Mulai dari kebangkrutan, bencana alam, dan persoalan lainnya yang selalu datang tanpa henti.



Mendeteksi Zashiki Warashi
Zashiki Warashi biasanya dapat dilihat oleh anak kecil yang masih sangat polos. Konon bagi mereka yang ingin bertatap muka langsung dengan Zashiki Warashi, harus mengunjungi sebuah kamar di hotel Ryokufuso di dalam area Kindai-Ichi Onsen yang berada di Ninohe, Iwate. Menurut urban legend, tempat itu disebut-sebut sebagai kediaman asli Zashiki Warashi.

Saat tengah malam, sosok Zashiki Warashi laki-laki akan menampakkan diri di sebuah ruangan bertatami lantai dua penginapan ini. Bagi siapa yang berhasil melihatnya, maka orang tersebut akan memperoleh keberuntungan.

Walau terdengar mistis, nyatanya hotel tersebut tetap saja selalu ramai bahkan full booked dari jauh hari. Penginapan ini dahulu pernah terbakar yang disebabkan oleh seorang anak kecil misterius berkimono merah yang bermain api di kuil belakang penginapan tersebut. Hanya kuil dan signage penginapan tersebut yang selamat dari kebakaran tersebut. Ryokufuso kemudian dibangun kembali menjadi sebuah hotel yang lebih modern lagi.

Sebenarnya ada juga kuil khusus Zashiki Warashi yang terletak di kaki gunung Hayachine. Kuil tersebut bernama Kuil Hayachine. Di dalam kuil ini banyak sekali boneka Zashiki Warashi dalam berbagai model yang dibawa oleh orang-orang yang datang. Orang yang membawa boneka tersebut biasanya sedang mencari berkah dan kebahagiaan.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram